Saudi Tuan Rumah Acara PBB Bahas Proses Perdamaian Israel-Palestina

New York, MINA – Times of melaporkan Arab Saudi akan menjadi tuan rumah bersama sebuah acara di sela-sela Majelis Umum PBB pekan depan yang membahas proses lanjutan perdamaian Israel-.

Acara bertajuk “Upaya Hari Perdamaian untuk Perdamaian Timur Tengah” itu diselenggarakan oleh Arab Saudi bersama dengan Liga Arab dan Uni Eropa bekerja sama dengan Mesir dan Yordania. Sahifah al-Quds melaporkan, Jumat (15/9).

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan menjadi pembicara utama.

Baik misi Israel maupun Palestina tidak diundang ke acara tersebut, kata diplomat PBB.

Dia mengatakan, acara tersebut berfokus pada mengumpulkan para pemangku kepentingan global mengenai masalah ini untuk menghidupkan kembali proses perdamaian.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

Acara ini merupakan upaya terbaru Arab Saudi untuk terlibat dalam konflik Israel-Palestina.

Pekan lalu, Riyadh menjadi tuan rumah bagi delegasi Otoritas Palestina untuk membahas bagaimana memanfaatkan kesepakatan normalisasi untuk memajukan perjuangan Palestina.

Arab Saudi menjadi tuan rumah pertemuan tingkat menteri di sela-sela Majelis Umum PBB tahun lalu mengenai masalah ini. Acara tersebut untuk menandai peringatan 20 tahun usulan Inisiatif Perdamaian Arab.

Riyadh sejak itu secara bertahap menjauh dari proposal tersebut, yang menawarkan normalisasi Israel dengan seluruh Liga Arab, hanya setelah mencapai solusi dengan Palestina.(T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.