SAUDI TUAN RUMAH KONFERENSI “ISLAMIC FINANCE BEHAVIORAL”

Universitas Effat
Foto : IINA
Foto : IINA

Jeddah, 25 Muharram 1436/17 November 2014 (MINA) – Universitas Effat Jeddah, Saudi Arabia akan menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Pertama yang bertema “Islamic Finance Behavioral” (Perilaku keungan Syariah) pada 18-19 November mendatang.

Konferensi yang akan diselenggarakan oleh Universitas Effat. Hal ini sejalan dengan kemajuan dalam sistem keuangan Islam yang bertujuan untuk menopang pengembangan keuangan Islami, dan menandai peran serta universitas untuk menjadi pemimpin regional di bidang pendidikan dan penelitian keuangan Islam.

Peserta konferensi akan diberikan pengarahan tentang sistem keuangan Islam dan isu-isu penting yang menandai adanya industri keuangan Islam. IINA melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Konferensi ini juga merupakan kesempatan besar bagi jaringan internasional, terutama dari berbagai lembaga keuangan Islam.

Perkembangan industri keuangan syariah dinilai cukup menggembirakan. Hal ini antara lain dilihat dari berbagai pertumbuhan yang dicapainya.

Data Otoritas Jasa Keuangan mengungkapkan, pada tahun 2007 total aset lembaga keuangan syariah mencapai Rp 38 triliun. Pada tahun 2012 total aset mencapai Rp 247 triliun.

Pertumbuhan industri keuangan syariah yang pesat tersebut seiring dengan pemahaman masyarakat yang semakin tinggi dan kepercayaan mereka terhadap industri keuangan syariah.

Dewan Syariah Nasional Majlis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menyatakan, perkembangan industri keuangan syariah cukup menggembirakan. Pertumbuhan ini bahkan melebihi pertumbuhan industri keuangan konvensional.

“Pertumbuhan aset pada tahun 2012 mencapai 34 persen. Pertumbuhan ini melebihi pertumbuhan industri keuangan konvensional yang mencapai 15 sampai 20 persen. Saat ini terdapat 11 bank umum syariah, 24 unit usaha syariah, 40 lebih (perusahaan) asuransi syariah, 160 bank perkreditan rakyat syariah, dan sekitar 68 reksadana syariah,” ujar Ma’ruf. (T/P007/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

sumber : EFFAT TO HOST FIRST CONFERENCE ON ISLAMIC BEHAVIORAL FINANCE

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Comments: 0