SDF Bebaskan 25 Persen Raqqa dari ISIS

Militan ISIS (kiri), prajurit Kurdi di Pasukan Demokratik Suriah (SDF). (Foto: Jinda Ibrahim/ARA News)

Raqqa, 14 Syawwal 1438/8 Juli 2017 (MINA) – Penasehat senior Pasukan Demokratik Suriah (SDF) Nasr Haji Mansour mengatakan bahwa pasukannya telah berhasil membebaskan kota Raqqa seluas 25 persen dari kontrol militan Islamic State (ISIS).

“Lebih dari 25 persen kota Raqqa terbebas dari ISIS. Sepertinya operasi akan berlangsung sedikit lebih lama, mungkin satu bulan jika kejutan tidak terjadi dan jika kemajuannya berjalan seperti ini,” kata Mansour kepada ARA News pada hari Jumat (7/7/2017) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kolonel Joe Scrocca, Koordinator Urusan Publik Koalisi pimpinan Amerika Serikat yang mendukung SDF, memastikan kemajuan cepat tersebut.

“SDF membuat kemajuan signifikan pada beberapa sumbu terhadap perlawanan ISIS yang hebat di Raqqa,” kata Scrocca.

Brigadir Jenderal D.J. Anderson dari Angkatan Bersenjata Kanada mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa SDF membuat kemajuan yang signifikan.

“Kekuatan mitra kami di Raqqa, Pasukan Demokratik Suriah, baru saja menyelesaikan bulan pertama operasi ofensif untuk mengalahkan ISIS di ibu kota mereka sendiri,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa SDF telah mengambil sekitar 45 kilometer persegi tanah dari ISIS di dan sekitar kota Raqqa selama sepekan terakhir ini. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)