Sebanyak 168.742 Peserta Lulus SBMPTN 2019

Jakarta – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan 168.742 peserta diterima di 85 Negeri (PTN) se-Indonesia melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) 2019, 48.965 orang diantaranya merupakan peserta beasiswa Bidikmisi.

Menristekdikti menjelaskan, jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 714.625 peserta yang telah mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan mulai 13 April 2019 – 26 Mei 2019 pada 24 sesi ujian.

Menteri Nasir mengungkapkan, penyelenggaraan merupakan penyelenggaraan SBMPTN terbaik selama lima tahun terakhir beliau menjabat sebagai Menristekdikti.

Ia mengemukakan, pemerintah melalui Kemenristekdikti terus melakukan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan seleksi masuk perguruan tinggi dengan harapan terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk Indonesia Maju.

“Pengalaman saya selama lima tahun menjadi Menristekdikti, ini merupakan penyelenggaraan SBMPTN terbaik. Karena dengan dilaksanakannya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat menekan upaya perjokian dan potensi kecurangan lainnya,” kata Menteri Nasir pada acara Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2019 di gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Selasa (9/7).

“Yang kami cari adalah potensi mahasiswa terbaik, bukan hanya nilai tapi potensi skolastik dan potensi akademik, sehingga anak ini bisa melanjutkan pendidikan sesuai dengan minat dan kemampuan mereka,” tegasnya.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengungkapkan pengumuman hasil SBMPTN 2019 dapat diakses pada pukul 15.00 WIB melalui laman resmi LTMPT: https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dengan cara memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SBMPTN 2019. Pengumuan hasil seleksi ini juga dapat dilihat pada laman 12 PTN mirror lainnya, yaitu:

1. https://sbmptn.ui.ac.id
2. https://sbmptn.undip.ac.id
3. https://sbmptn.ugm.ac.id
4. https://sbmptn.unair.ac.id
5. https://sbmptn.unsri.ac.id
6. https://sbmptn.untan.ac.id
7. https://sbmptn.itb.ac.id
8. https://sbmptn.its.ac.id
9. https://sbmptn.ipb.ac.id
10. https://sbmptn.unand.ac.id
11. https://sbmptn.unhas.ac.id
12. https://sbmptn.unsyiah.ac.id

Adapun peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2019 wajib hadir pada saat registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN (lihat pengumuman di laman PTN tujuan). Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses status penerimaan peserta SBMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

Peserta yang lulus akan dinyatakan diterima di PTN yang bersangkutan dengan syarat memenuhi ketentuan yang dapat dilihat di laman PTN tujuan.

Serta bagi peserta pemohon Bidikmisi yang dinyatakan lulus, status perolehan beasiswanya masih memerlukan proses verifikasi oleh PTN tujuan. (R/R10/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.