Sebanyak 64 Mahasiswa Indonesia di Al Azhar Kairo Raih Sejumlah Prestasi

Foto: KBRI Kairo

Kairo, MINA – Sebanyak 64 di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir meraih sejumlah prestasi dalam lomba internasional “Talenta dan Potensi”.

Duta Besar RI di Kairo, Lutfi Rauf menghadiri acara pemberian penghargaan lomba internasional yang diselenggarakan oleh Education Development Center for International Students Al Azhar tersebut, Kamis (10/3).

Di ajang perlombaan tersebut Indonesia memenangi 15 dari 16 cabang yang dilombakan antara lain tahfizhul Quran, tilawatil Quran, puisi dan prosa bahasa Arab, gambar digital, kaligrafi, kerajinan tangan, fotografi, public speaking, khutbah dan nasyid. Dari total 64 mahasiswa yang memenangi lomba ini, sembilan orang di antaranya meraih juara pertama.

“Saya mengapresiasi Al Azhar yang telah menyediakan ajang bagi mahasiswa internasional dalam mengembangkan bakat dan minat mereka sehingga memiliki keterampilan dan keahlian di samping pengetahuan agama yang mereka dapatkan dari Universitas Al Azhar,” ujar Dubes RI.

Acara secara resmi dibuka oleh Wakil Grand Syekh Al Azhar, Prof. Muhammad Al Duwaini dan dihadiri oleh para duta besar negara sahabat, para dekan, guru besar, para dosen, segenap staf/ pejabat Al Azhar serta mahasiswa pemenang lomba.

“Universitas Al Azhar adalah pusat ilmu dan pengetahuan yang terus mengasah talenta dan potensi mahasiswa untuk berprestasi, di samping pelajaran pokok yg mereka peroleh dari perkuliahan, sehingga mereka bisa meningkatkan keterampilan, kreatifitas dan inovasi di berbagai bidang sebagai bekal yg kuat kelak dikemudian hari dengan akhlak yg mulia,” ujar Wakil Grand Al Azhar dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Education Development Center for International Students Al Azhar, Prof. Nahlah El Saidi menggarisbawahi peran Al Azhar dalam mengembangkan dan memotivasi mahasiswa agar terus menjadi yang terbaik (excellence), mencapai cita-cita tinggi melalui inovasi dan kreasi cerdas dengan mengedepankan akhlak dan nilai-nilai mulia dari ajaran Islam.

Universitas Al Azhar yang berdiri sejak lebih dari 1000 tahun yg lalu adalah salah satu universitas tertua di dunia yang menjadi magnet bagi para mahasiswa Indonesia untuk belajar Islam dan bahasa Arab. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.