Sebanyak 78 Persen Siswa Siap Ikuti UNBK 2018


Dirjen PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar (dari kiri-kanan); Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi); Kepala Balitbang Totok Suprayitno; Sekretaris BSNP, Kiki Yuliati; Sekretaris Balitbang, Dadang Sudiyarto, saat taklimat media. (foto: Aliya / MINA)

Jakarta, MINA – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan sebanyak 78 persen siswa siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018.

“Sebanyak 78 persen peserta didik siap mengikuti UN UNIK (UNBK). Jumlah peserta UNBK tahun ini meningkat signifikan dari penyelenggaraan tahun lalu,” katanya saat taklimat media di gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa (13/3).

Menurutnya, tahun 2018 siap digelar pada bulan April mendatang. Tahun ini, UN diikuti 8,1 juta peserta didik dan 96 ribu satuan pendidikan. adapun yang sudah tercatat sebanyak 6.293.552 peserta didik siap mengikuti UNBK. Jumlah ini meningkat signifikan, mencapai 166 persen dari tahun sebelumnya, yang mencapai 3,7 juta peserta.

Kemendikbud mengapresiasi peran serta pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ujian nasional tahun ini.

Sementara itu, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi mengatakan, UNBK telah terbukti efektif indek integritas PBB.

“UNBK telah terbukti efektif meningkatkan indek integritas dalam pelaksanaan UN. Tantangan kita berikutnya adalah meningkatkan prestasi dan capaian dalam UN. Untuk itu perlu ada perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran, “ujarnya.

Menurutnya, penyelenggaraan UN tahun 2018 ini ada sekitar 22 persen peserta didik yang melaksanakan UN. Kertas dan pensil (UNKP).

“Saat ini, proses penyebaran naskah ke provinsi dan penggandaan naskah sudah mencapai 100 persen untuk jenjang SMA / MA sederajat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk jenjang SMP / MTs sederajat mencapai 19 persen (data per 9 Maret 2018). (L / R10/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)