Sebelas Desa di Pacitan Potensial Jadi “Desa Wisata”

Pacitan, 9 Shafar 1438/9 November 2016 (MINA) – Selain banyaknya potensi wisata pantai dan goa, Pacitan ternyata berpeluang untuk dikembangkannya potensi desa wisata.Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, Wasi Prayitno, belum lama ini sebagaimana InfoPublik melaporkannya.

Menurut Wasi, setidaknya ada 11 desa diantara 166 desa di Pacitan yang potensial untuk dikembangkan menjadi desa wisata. “Seperti Desa Jetak, dan Desa Ngumbul diTulakan, Desa Watu Karung Pringkuku, Desa Sendang dan Desa Sekar di Kecamatan Donorojo, Desa Gemaharjo Tegalombo, Desa Karangrejo Arjosari, Desa Wonogondo, Desa Gembuk dan Desa Mantren di Kebonagung, juga ada Desa Pakisbaru Nawangan,” jelasnya.

Wasi mengatakan, beberapa desa tersebut memiliki keunggulan masing-masing yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata.

“Seperti Godhek Kulon Jetak dengan pantai pidakanya, Desa Sendang dengan pesona Ngiroboyo, Desa Gemaharjo dengan Pinus Kita, Desa Wonogondo dengan pemandangan yang luar biasa dan Kepala Desa yang semangat, Desa Mantren dengan Gunung Limo, Desa Gembuk dengan Gunung Lanang yang mistis dann fenomenal dengan hawa sejuknya, juga Desa Pakisbaru dengan Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman,” paparnya.

Namun demikian, lanjut Wasi, pengembangan potensi desa wisata tersebut harus memenuhi beberapa faktor, diantaranya semangat dari masyarakat yang dipelopori pemuda setempat.

“Banyak yang potensial, tergantung gumregahnya masyarakat yang dilelopori pemuda setempat, potensinya banyak dan luar biasa tinggal setting masyarakat untuk punya visi sadar wisata seperti di Bali,” pungkasnya. (T/R05/R03)

Mi’raj islamic News Agency (MINA)