Sekitar 70.000 Warga Suriah Larikan Diri dari Serangan Rusia

Bangunan Rumah Hancur Akibat Serangan Udara (Foto: Press Tv)
Bangunan Rumah Hancur Akibat Serangan Udara (Foto: MEMO)

Aleppo, 29 Rabi’ul Akhir 1437/8 Januari 2016 (MINA) – dan serangan telah memaksa sekitar 70.000 orang meninggalkan rumah mereka di kota utara Aleppo, menurut sumber lokal.

Serangan Rusia secara intensif telah memaksa sekitar 40.000 warga Suriah untuk meninggalkan desa mereka di Aleppo, dan bergerak menuju barat laut kota Azaz dekat perbatasan Turki, kata sumber setempat.

Lebih dari 30.000 warga Suriah juga telah meninggalkan rumah mereka di pedesaan barat Aleppo ini, karena takut serangan pesawat tempur Rusia dan pasukan rezim. Demikian Middle East Monitor (MEMO) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Pengamat yakin pasukan rezim yang didukung oleh serangan udara Rusia, sedang mencari untuk memberlakukan blokade terhadap Aleppo kota terbesar Suriah di tengah kekhawatiran ini akan memaksa puluhan ribu warga sipil keluar dari rumah mereka.

Suriah tetap terkunci dalam perang saudara sejak awal 2011 ketika rezim Presiden Bashar al-Assad menumpas protes pro demokrasi dengan keganasan tak terduga.

Sejak itu, lebih dari 250.000 orang telah tewas dan lebih dari 10 juta mengungsi, menurut angka yang dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (T/P002/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.