Sekjen PBB Akan ke Pakistan Hadiri Konperensi Pengungsi Afghanistan

Islamabad, MINA – menyatakan, Sekretaris Jenderal PBB pekan depan akan mengadakan kunjungan empat hari ke Islamabad.

“Sekretaris Jenderal akan berpartisipasi dalam Konferensi Internasional tentang “40 Tahun Pengungsi Afghanistan di Pakistan: Kemitraan Baru untuk Solidaritas.”  Ia akan menyampaikan pidato utama,” demikian  Kementerian Luar Negeri, Anadolu Agency melaporkan.

Dikatakan keikusertaan Guterres dalam konferensi tersebut adalah pengakuan atas belas kasihan, kedermawanan, dan tekad Pakistan yang luar biasa dalam menampung para pengungsi Afghanistan selama empat dekade terakhir dan upayanya untuk perdamaian dan stabilitas di negara tetangga Afghanistan itu.

Selama kunjungannya, Guterres akan bertemu Presiden Arif Alvi,  Perdana Menteri Imran Khan dan Menteri Luar Negeri Makhdoom Shah Mahmood Qureshi.

Guterres juga akan bertemu dengan anggota parlemen, media, dan pemuda untuk mengadakan pembicaraan khusus tentang pembangunan berkelanjutan, perubahan iklim, dan pemeliharaan perdamaian.

Dia juga akan berkunjung ke kota bersejarah Lahore di timur laut dan juga melakukan perjalanan ke Gurdwara Kartarpur Sahibm, sebuah situs suci untuk Sikh.

“Selama kunjungan, kepemimpinan kami jug akan berbagi perspektif Pakistan tentang semua aspek sengketa Jammu dan Kashmir,” kata pernyataan itu, merujuk pada wilayah mayoritas Muslim di bawah penguncian pemerintah India sejak Agustus lalu. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)