SELAMATKAN SAPI, MUSLIM INDIA DAPATKAN PENGHARGAAN

zaqiLucknow, , 20 Dzulhijjah 1436/4 Oktober 2015 (MINA) – Seorang lelaki di Lucknow, negara bagian Uttar Pradesh, India, mendapatkan apresiasi positif dari hakim dan polisi setelah menyelamatkan yang terjebak di dalam sumur sedalam 18 meter, pada Sabtu sore (3/10).

Mohammad Zaqi disebut telah sanggup menjaga tradisi Lakhnavi yang selalu mengedepankan di dalam kehidupan antaragama. Dia dipuji masyarakat sekitar. Sebab, bagi umat Hindu India, sapi merupakan hewan yang disucikan, dihargai, dan dihormati.

Hakim di Lucknow, Raj Shekhar, juga mengacungkan jempol untuk lelaki itu. “Saya angkat topi untuk lelaki itu. Panjang umur untuk masyarakat di Lucknow,” katanya seperti dilaporkan Times of India, dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Peristiwa itu terjadi di Aishbagh. Berdasarkan laporan media lokal, sapi itu kemungkinan haus mencari air minum dan terjatuh ke dalam sumur.

Zaqi kemudian berusaha menyelamatkannya, menyeret sapi keluar dari sumur. Tidak diketahui bagaimana caranya pemuda itu menyeretnya.

“Saat kami tiba, dia berhasil menyeret sapi itu keluar dari sumur,” kata polisi Singh yang juga memuji lelaki itu di tengah kerumunan warga di lokasi kejadian.

zaqi saat turun
Zaqi saat turun menyelamatkan sapi (Foto: navbharattimes)

Dibantu Derek

Saat hari kejadian, Mohammad Zaqi baru saja kembali dari shalat Ashar tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Saya melihat sejumlah orang berkumpul di sekitar tempat terbuka, melihat sapi yang telah jatuh ke dalam sumur, lalu saya menawarkan diri untuk menyelamatkannya,” kata Zaqi.

Warga setempat menunggu apa yang akan dilakukan Zaqi. Zaqi minta disiapkan alat bantu derek, tali pengingat ukuran besar dan beberapa kayu, untuk dimasukkan ke dalam sumur.

Setelah alat derek dan tali datang, dibantu warga yang ada, Zaqi menyiapkan ikatan lainnya untuk badan sapi, lalu ia masuk ke dalam sumur itu dan pada badan sapi bagian perut diberi alat dudukan dari kayu yang diikat ke tubuh sapi.

“Ia mengikat badan sapi dengan tali yang kuat dan alat dudukan dari kayu, lalu setelah siap, warga mendereknya keluar, dengan komando dari dalam sumur,” kata warga setempat.

Menurut pengakuan Zaqi, saat ia mengulurkan tali ke badan sapi yang terendam sebagiannya, ia membelainya sambil berkata menghibur sapi itu. Tali dan kayu dudukan akhirnya dapat diikatkan ke tubuh sapi dengan aman. Sementara warga di atas sumur beramai-ramai mendereknya dengan pelan dan hati-hati. Hingga akhirnya sapi dapat diselamatkan.

Pemilik derek Prem Kumar mengatakan, “Saya mendapat telepon minta bantuan alat derek saya untuk keperluan sumur. Zaqi memimpin aksi penyelamatan itu,” katanya.

Salma, ibu Zaqi mengatakan, “Anak saya tidak berpendidikan, tapi dia tidak berpikir dua kali untuk menyelamatkan hidup hewan. Sebenarnya saya khawatir tentang dia, tapi saya senang bahwa sapi itu dapat diselamatkan.”

Ibu dari tujuh anak itu disambut warga setempat dan mendapatkan ucapan selamat, yang mengatakan, “Selamat ya, Anda punya anak pemberani.” (T/P020/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0