Semarakkan Ramadhan di Papua, MER-C Salurkan Bantuan Alat Shalat dan Sembako

dr. Zackiya berikan paket sembako kepada warga Papua. (Foto: MER-C)

Sorong, MINA – Semarakkan Ramadhan di Papua, Tim Klinik MER-C menyalurkan bantuan berupa alat shalat dan sembako di sejumlah kampung di Kabupaten Sorong, Daya.

“Alhamdulillah, tahun ini kita masih bisa berbagi kebahagiaan Ramadhan kepada saudara-saudara muslim kita di Papua, khususnya Papua Barat Daya. Terima kasih atas kepercayaan para donator yang telah menyisihkan rezekinya untuk program ini,” ujar dr. , SpOk, Koordinator Klinik MER-C wilayah Papua dalam keterangan tertulis, Rabu (19/4).

Zackya memaparkan donasi yang masuk bagi program Semarakkan Ramadhan di Papua total sebesar Rp 83.619.721,- ditambah bantuan dalam bentuk mukena sebanyak 30 set.

“Dari donasi yang ada, kami bisa membelikan bantuan bagi warga muslim di sini berupa mukena sebanyak total 330 paket dan sarung untuk anak-anak dewasa sebanyak 300 paket serta sembako sebanyak 100 paket,” terang Zackya.

Relawan yang sudah mengawal program Klinik selama lebih dari 15 tahun ini menjelaskan bantuan perlengkapan sholat dibeli di Jakarta dengan pertimbangan harga yang jauh lebih murah serta pilihan dan stok banyak, dibandingkan apabila dibeli di Sorong.

Bantuan lalu dikirim ke Sorong melalui ekspedisi kapal laut. Sementara untuk bantuan sembako yang terdiri dari beras super 5 kg, tepung terigu 2 kg, gula pasir 2 kg dan minyak goreng 2 kg, semua dibeli dan di-packing oleh di Sorong.

“Alhamdulillah sarung dan mukenah dari donatur MER-C buat Bapak-bapak dan Ibu-ibu serta para remaja dan anak-anak sangat bermanfaat untuk mereka pakai lebaran. Warga terharu dan sangat bersyukur menerima semua bantuan ini,” ungkap Zackya yang sempat ikut turun langsung menyalurkan bantuan kepada warga muslim di Papua Barat Daya.

Bantuan didistribusikan ke beberapa kampung seperti Kampung Maibo Klalin 4, kampung Malawele, kampung Malawili, kampung Klasuluk, kampung Malaus. Untuk bantuan sembako banyak difokuskan ke Kampung Klalin 4 karena yang paling minus kondisi masyarakatnya.

Selain itu, bantuan juga disalurkan ke panti yatim putra dan putri , panti putra dan putri Muhammadiyah, serta pondok pesantren Hidayatullah, pondok pesantren Darul Istiqomah dan dhuafa di sekitar Klinik MER-C.

Zackya berharap tahun depan tetap ada bantuan donasi untuk yang lebih banyak, agar bisa menambah jumlah bantuan yang diberikan dan juga bisa menyiapkan baju koko bagi anak-anak dan hijab bagi ibu-ibu. (R/R7/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)