Seminar Ganas Annar MUI Hasilkan Lima Poin Rekomendasi

Jakarta, MINA – Ketua Ganas Annar MUI, Titik Haryati mengatakan, seminar Gerakan Nasional Anti (Ganas Annar) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghasilkan lima poin rekomendasi. Pertama, kesadaran para akademisi terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Hal ini penting, karena narkoba telah masuk ke dalam lembaga pendidikan sehingga, perlu penanganan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pendidikan,” kata Titik dalam keterangan tertulis, Senin (11/7).

Titik juga mengatakan, bila ada pendidik di perguruan tinggi yang menghalangi. Maka pendidik tersebut masuk dalam golongan musuh negara.

Kedua, menggerakkan kampus bersih dari narkoba sebagai upaya untuk menciptakan dosen dan mahasiswa yang bersih dari penyalahgunaan narkotika.

“Empati dan perhatian dosen harus memberikan kesempatan mahasiswa sebagai calon pendidik untuk paham bahaya narkotika,” jelasnya.

Baca Juga:  Indonesia Jadi Runner-up Piala Uber 2024

Ketiga, pada kegiatan tersebut juga mengupayakan pelaksanaan Tri Darma Perguruan tinggi agar masuk ke dalam upaya pencegahan narkoba. Hal ini dilakukan melalui pembelajaran semua dosen untuk menyampaikan informasi dan edukasi tentang bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Keempat, terus menigkatkan upaya sinergi untuk kampanye pencegahan norkoba dari berbagai pihak seperti ormas, lembaga profesi, para ulama melalui kementrian terkait untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Kelima, kegiatan ini juga didukung oleh Badan Narkotika Nasional (BNN RI) sebagai upaya untuk mewujudkan kampus bersih narkoha.

“(Program ini) sebagai upaya untuk melawan segala kejahatan narkoba. Sehingga harus dilawan oknum-oknum yang menghalangi program kampus bersih narkoba,” kata dia.

Baca Juga:  7 Mei Seluruh Kampus Muhammadiyah Gelar Aksi Bela Palestina

Ganas Annar MUI pada Rabu (5/7) lalu menggelar seminar internasional hasil kerja sama dengan Universitas Al Azhar Indonesia, Asosiasi Dosen Indonesia dan Universitas Sains Malaysia (USIM).

Seminar internasional bertajuk: Peran Akademisi dalam Menciptakan Kampus Bersih Narkoba (Bersinar) dan Pemahaman Produk Halal melalui Ketahanan Keluarga Wujud Ketahanan Nasional ini digelar di Wisma Mandiri, Jakarta Pusat. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.