Sepakbola: Palestina Pastikan Lolos ke 16 Besar

Bekasi, MINA – Tim nasional U-23 berhasil lolos ke babak 16 besar cabang sepak bola putra XVIII 2018 setelah pada laga terakhirnya di Grup A kontra timnas U-23 , Jumat (17/8), berakhir imbang 1-1.

Palestina merupakan peserta yang masih dijajah Israel dan belum diakui kemerdekaannya oleh PBB. Meski demikian, negara itu tetap diakui oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan bisa mengikuti ajang Asian Games 2018 di Indonesia. Palestina juga diizinkan mengikuti ajang Piala Asia 2019 mendatang.

Gol di paruh pertama pertandingan yang digelar di Stadion Pariot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat itu dicetak oleh Mahmoud Yousef di menit ke-16. Di kubu Hong Kong, gol ditorehkan oleh Lam Ka Wai di menit ke-55.

Hasil seri membuat Palestina dipastikan lolos ke babak 16 besar setelah mengumpulkan delapan poin dari empat laga.

Adapun Hong Kong, yang sementara memiliki poin tujuh dari tiga pertandingan, harus menaklukkan Indonesia di laga terakhirnya pada Senin (20/8) supaya lolos dari penyisihan Grup A.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih Hong Kong Kenneth Kwok Kar Lok menurunkan duet gelandang terbaiknya Tan Chun Lok, yang sudah mencetak tiga gol di Grup A, dan Remi Dujardin. Selain itu, ada pula nama pemain naturaliasi Fernando Recio dan Jorge Tarres.

Sementara pelatih Palestina Ayman Sandouqa kembali menurunkan tiga pemain seniornya yaitu kapten sekaligus bek tengah Abdallatif Albahdari, gelandang Sameh Maraaba dan kiper Rami Hamada.

Ketiga nama ini selalu bermain di tiga laga yang telah dilewati Palestina di Grup A sebelum menghadapi Hong Kong.

Dengan kondisi tersebut, Hong Kong langsung menggebrak sejak awal pertandingan. Di menit kedua, Lam Ka Wai menendang bola ke gawang Palestina, tetapi diselamantkan oleh kiper Rami Hamada.

Meski terus menekan, Hong Kong justru kebobolan terlebih dahulu. Tepatnya di menit ke-17 melalui Mahmoud Yousef.

Setelah itu, Palestina berbalik menekan lawannya. Namun, beberapa peluang seperti dari Oday Dabbagh di menit ke-40, tidak berhasil membobol gawang Hong Kong.

Skor pun tetap 1-0 hingga pertandingan memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Hong Kong yang tertinggal berusaha lekas memberikan perlawanan. Mereka membuka serangan terlebih dahulu, tetapi sepakan Tan Chun Lok di menit ke-47 tak menemui target.

Hong Kong akhirnya bisa mencetak gol 10 menit kemudian dan membuat skor imbang 1-1. Diawali pergerakan dari sisi kanan, bola yang diumpan ke depan gawang disambar oleh Lam Ka Wai untuk menaklukkan penjaga gawang Rami Hamada.

Jorge Tarres sempat membuat Palestina terkejut dengan golnya di menit ke-74, tetapi wasit Takuto Okabe dari Jepang menyatakan gol itu tidak sah karena offside.

Tak ada yang berubah sampai pertandingan berakhir. Skor 1-1 tetap bertahan dan kedua tim berbagi satu poin.

Susunan pemain kedua tim:

Hong Kong: Yuen Ho Chun, Recio Comi Fernando (21′, Chung Wai Keung), Tsui Wang Kit, Lau Hok Ming (kapten), Tan Chun Lok, Remi Dujardin, Lam Ka Wai (84′, Orr Matthewelliot Wing Kai), Wu Chun Ming, Tse Long Hin, Yu Pui Hong, Jorge Tarres Paramo (90+3′, Vasudeva Das Lilley Nunez).

Palestina: Rami Hamada, Mohammed Rashid, Michelmilad Termanini, Abdellatif Albahdari (kapten), Mahmoud Abuwarda (80′, Mohammed Obaid), Oday Dabbagh, Mahmoud Yousef (71′ Omar Alsharif), Yousef Alashhab, Mousa Farawi, Sameh Maraaba, Mohamed Darwish. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.