SEPEKAN BUHARI JADI PRESIDEN, 82 ORANG TEWAS OLEH BOKO HARAM

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari sudah mendapat tantangan di pekan pertamanya menjabat. (Foto: dok. Elombah.com)
Presiden sudah mendapat tantangan di pekan pertamanya menjabat. (Foto: dok. Elombah.com)

Adamawa, Nigeria, 19 Sya’ban 1436/6 June 2015 (MINA) – Jumlah orang yang tewas dalam serangan yang diduga oleh selama Presiden Muhammadu Buhari menjabat sepekan, berjumlah 82.

Korban tewas akibat dua ledakan di timur laut Nigeria pada Jumat (5/6) sebanyak 35 orang, media Elomba.com yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebelumnya, petugas penyelamatan di ibukota negara bagian Adamawa, Yola, mengatakan 31 orang telah dikonfirmasi tewas dalam ledakan yang menghancurkan pasar pada Kamis, di mana 38 orang lainnya terluka.

Dua ledakan mengguncang timur laut Nigeria pada Kamis, setelah presiden baru Muhammadu Buhari mendesak kerjasama yang lebih erat dengan negara regional untuk mengalahkan Boko Haram.

Di kota timur laut Maiduguri, seorang pembom bunuh diri meledak mobil di sebuah pos pemeriksaan di luar barak militer dan menewaskan delapan tentara pada Kamis, saksi mata mengatakan, serangan terbaru dipersalahkan kepada Boko Haram.

Kemudian, bom kedua meledak di dekat pasar utama di Yola. Polisi mengatakan dua orang tewas. Pekerja rumah sakit mengatakan menangani 30 orang luka-luka.

Kekerasan pada Kamis terjadi di saat Presiden Buhari mengakhiri perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat.

Ia mengunjungi Chad dan Niger yang bersama Kamerun adalah sekutu kunci Nigeria dalam pertempuran melawan pemberontakan Boko Haram yang dituduh telah membunuh 15.000 orang sejak 2009.

Buhari mendesak kerjasama keamanan regional yang lebih kuat.

Dia bersumpah untuk menghancurkan kelompok Boko Haram ketika ia dilantik sepekan lalu, tetapi serentetan pemboman mewarnai pekan pertamanya menjabat. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0