Seskab Pramono Anung Lepas Kepulangan PM Jepang Yoshihide Suga

Bandara Soekarno-Hatta, MINA – Sekretaris Kabinet (Seskab) melepas kepulangan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta istrinya Mariko Suga di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (21/10) siang.

Pesawat yang membawa PM Suga beserta rombongan lepas landas sekitar pukul 12.45 WIB. Kepulangan ini menutup seluruh rangkaian kegiatan ini selama dua hari di Indonesia, demikian keterangan yang diterima MINA.

PM Suga tiba di Indonesia kemarin siang sekitar pukul 13.00, yang juga langsung disambut oleh Seskab Pramono Anung. Selanjutnya, PM Jepang melakukan kunjungan resmi dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan resmi tersebut dilakukan pertemuan bilateral antara kedua negara. Sejumlah kesepakatan dihasilkan dalam pertemuan tersebut, diantaranya kerja sama pengelolaan pandemi COVID-19, pembentukan Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk perjalanan bisnis esensial, upaya memperkuat kerja sama di bidang ekonomi, serta kemitraan Indonesia-Jepang dalam memperkuat kerja sama multilateral.

Dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo, Senin (20/10) kemarin, PM Suga mengungkapkan bahwa kunjungan ke Indonesia kali ini merupakan rangkaian perjalanan Luar Negeri pertamanya sejak menjadi Perdana Menteri Jepang, September lalu.

“Saya merasa sangat senang dapat mengunjungi Indonesia yang merupakan negara besar di ASEAN, dalam lawatan pertama keluar negeri sejak saya menjabat sebagai perdana menteri,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi penyambutan yang dilakukan oleh Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo .

“Saya mengucapkan terima kasih atas ketulusan dan kehangatan hati Bapak Presiden Joko Widodo dalam menyambut kami di Istana Kepresidenan Bogor,” ucap PM Suga. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.