Terduga Pelaku Penembak Shinzo Abe Tertangkap

Tokyo, MINA – Aparat keamanan kota Nara, Jepang telah menangkap seorang pria berusia 42 tahun yang diduga merupakan pelaku penembakan Mantan Perdana Menteri Jepang , Jumat (7/7).

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan, Abe ditembak sekitar pukul 11.30 waktu setempat. Televisi NHK melaporkan.

Shinzo Abe ditembak  saat berkampanye di Kota Nara. Abe tampaknya telah ditembak dari belakang oleh seorang pria dengan senapan.

Dia dibawa ke rumah sakit oleh responden pertama, lapor media. Pihak berwenang dikutip mengatakan bahwa dia mengalami henti jantung-pernapasan, istilah yang digunakan di Jepang sebelum seseorang dapat dinyatakan meninggal oleh dokter.

Rekaman amatir menunjukkan orang-orang bergegas ke arahnya saat gumpalan asap memenuhi udara di belakangnya. Namun, rekaman itu tidak menangkap saat yang tepat dia ditembak.

Sementara itu, Kantor berita Jepang, Kyodo melaporkan, Abe telah ditembak di dada sebelah kiri. Abe juga diduga terkena tembakan di leher.

Abe menjabat dua periode sebagai perdana menteri. Dia menjadi perdana menteri terlama di Jepang sebelum mengundurkan diri pada 2020 dengan alasan kesehatan. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.