Siswa MAN 1 Karanganyar Ikut Program YES di Amerika

Karanganyar, MINA – , siswa akan dikirim ke selama setahun mengikuti .

Spartan memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata. Putra dari pasangan Sigit Purwanto dan Rini Puji Astuti ini pernah meraih sejumlah kejuaraan di bidang Taekwondo tingkat nasional.

Dikutip dari rilis Kemenag, Kepala MAN 1 Karanganyar Lanjar Utami mengisahkan, Spartan pernah meraih juara tiga Kejurnas PPLP Taekwondo tahun 2018 di Lombok NTB.

“Ia mempunyai kemampuan unik, yakni bercerita (storytelling). Ia juga pernah menyabet juara satu Storytelling TK/Pelajar di IAIN Surakarta 2018,” kata Utami, Selasa (19/3).

Spartan termasuk siswa yang memiliki kemampuan bahasa yang baik. Di saat pergelaran Mentara Cultural Art yang digelar oleh OSIS MAN 1 Karanganyar, Spartan menyanyikan lagu dengan sepuluh bahasa, di antaranya Inggris, Jepang, dan German.

“Karena kemampuannya berbicara dengan baik dan kemampuan bahasa Inggrisnya, ia terpilih sebagai salah satu peserta Program , AFS Intercultural Program yang dinamai dengan YES,” tutur Utami.

Spartan terpilih melalui serentetan seleksi. Ia salah satu dari 80 pelajar di Indonesia yang akan mengikuti program ini selama kurang lebih setahun.

Lanjar Utami mengungkapkan, saat ini ia sedang mempersiapkan keberangkatannya ke Amerika mulai dari cek kesehatan, passport, visa, dan urusan administrasi lainnya. Semua biaya ditanggung oleh US Departement of State.

Spartan dijadwalkan berangkan ke AS pada tanggal 5 Agustus 2019 dan pulang ke Indonesia pada bulan Juni 2020. (R/R05/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)