Sosialisasi Gerakan Perilaku Hidup Bersih di MI Miftahul Falah Jakarta

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) bekerjasama dengan Wihdatul Ummah kembali melakukan sosialisasi gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Siswa Sekolah Dasar Se-Jabodetabek.

Kegiatan bertajuk “Penyuluhan & Pembinaan Cuci Tangan dan Gosok Gigi” kali ini digelar di MI Miftahul Falah Jakarta Selatan pada Kamis (31/10). Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu diikuti oleh 109 siswa kelas dua dan tiga.

Dua relawan dokter dari Wihdatul Ummah didampingi guru kelas mensosialisasikan PHBS melalui gerakan cuci tangan dan gosok gigi yang baik dan benar di hadapan para siswa. Para siswa sendiri sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, relawan Wihdatul Ummah Atih Rahayuningsih, M.Kep., Sp.Kep.J, menjelaskan gerakan PHBS ini dinilai penting untuk disosialisakan sedari dini, agar nantinya muncul kebiasaan dan pola perilaku hidup sehat.

Baca Juga:  Aktivis FFC, Nurhadis: Kami Ingin Blokade Gaza Segera Dibuka

“Kegiatan PHBS di sekolah bagi siswa praktiknya kita tekankan pada cara cuci tangan yang benar. Cuci tangan membantu mereka untuk bisa menjaga kesehatan dirinya sendiri. Selain itu, setelah mereka tahu manfaat dan bersihnya mereka bisa menularkan ke keluarga dan lingkungannya,” ujar Atih.

Dia menjelaskan, mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun merupakan indikator PHBS di Sekolah yang pertama.

Dosen Keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas itu pun mendemonstrasikan cuci tangan yang baik dan benar. Sementara drg. Erna Herlina dari Klinik Kareema Dentist mendemontrasikan cara menggosok gigi yang baik dan benar di depan para siswa.

Kepala Sekolah MI Miftahul Falah, Rukiah, memberikan apresiasi atas kegiatan di luar kelas yang dilakukan oleh dokter dan relawan Wihdatul Ummah itu.

Baca Juga:  Hamas Tuntut ICC Batalkan Surat Perintah Penangkapan Pemimpinnya

“Saya merasakan senang dan berterima kasih atas kegiatan positif ini. Saya mewakili pihak yayasan sangat bersyukur,” kata Rukiah.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penyematan selempang Duta Sehat YBM-PLN kepada perwakilan siswa oleh salah satu pengurus YBM-PLN Pusat A. Badawi.

Selain itu, YBM-PLN bersama Wihdatul Ummah juga menyalurkan bantuan fasilitas cuci tangan yang memadai dengan memberikan bantuan wastafel bagi madrasah atau sekolah dasar yang memerlukan, termasuk kepada MI Miftahul Falah Jakarta Selatan.

Manager Wihdatul Ummah, Anton Hardiantoni, menjelaskan, kegiatan PHBS adalah salah satu program kegiatan di bidang kesehatan, bertujuan memperkenalkan gaya hidup bersih dan sehat pada anak-anak sejak dini.

“Kegiatan ini akan digelar di sekolah-sekolah di wilayah Jabodetabek khususnya daerah berpenduduk menengah ke bawah,” kata Anton.

Baca Juga:  Spanyol Dukung Perdamaian dan Keadilan bagi Palestina

Dia menjelaskan, kegiatan kali ini merupakan kegiatan kelima dari program sosialisasi gerakan PHBS di sekolah yang sudah dilaksanakanYBM-PLN bersama Wihdatul Ummah.

“Ini baru program awal PHBS yang digelar di 12 sekolah di Jabodetabek. Peluncurannya secara resmi akan digelar pada 5 November nanti di madrasah yang berada di salah satu wilayah padat penduduk di Jakarta,” tambahnya.

Selain pada siswa, lanjut dia, pembinaan dan bimbingan gerakan PHBS ini juga rencananya akan digelar untuk para pedagang kaki lima di Jabodetabek.

Yayasan Wihdatul Ummah merupakan lembaga sosial yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial, kesehatan, dan dakwah yang didirikan pada 2006 lalu.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi