Spanyol Selamatkan 250 Migran di Mediterania

Migran Afrika berada di kapal penyelamat asal Spanyol di Laut Mediterania. (AP Photo/Bram Janssen)

 

Madrid, MINA – Pihak berwenang Spanyol mengatakan bahwa mereka berhasil menyelamatkan lebih dari 250 migran, termasuk anak-anak, pada Sabtu (11/11) di perbatasan Mediterania menuju Eropa.

“Kami menyelamatkan 251 orang dari lima perahu di Laut Alboran,” kata otoritas keamanan maritim Spanyol di Twitter, mengacu pada laut bagian paling barat Laut Mediterania. Demikian Al Alam memberitakannya yang dikutip MINA.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), jumlah migran yang tiba di lautan di pantai Spanyol telah melonjak dibandingkan tahun lalu, dengan angka hampir tiga kali lipat menjadi 15.585 pada 2017 per 8 November.

Banyak orang Afrika yang melakukan perjalanan panjang ke Eropa memilih menghindari Libya yang penuh bahaya di sepanjang rute Mediterania tengah. Mereka memilih untuk pergi ke Eropa melalui Maroko dan Spanyol.

Namun, untuk jumlah kedatangan migran, Spanyol masih tertinggal di belakang Italia yang telah mencatat sekitar 114.400 pendatang lewat laut sejak awal tahun ini.

Menurut IOM, sejak Januari, hampir 15.600 migran berhasil sampai ke Spanyol melalui laut, dengan 156 orang meninggal dalam penyeberangannya.

Badan tersebut memperkirakan bahwa sekitar 155.850 migran telah melakukan penyeberangan berbahaya ke Eropa tahun ini. Sebanyak 2.961 lainnya meninggal atau hilang saat menyeberang. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)