Suasana Hari Pertama Tes Event Pencak Silat

Suasana di Padepokan TMII, Jakarta, tempat dilangsungkannya tes event Asian Games 2018 cabang pencak silat. (Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Tes Event Asian Games 2018 cabang olahraga pencak silat telah resmi dibuka di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (10/2). Ribuan orang dari berbagai perguruan dan beberapa sekolah di Jakarta hadir menonton.

Acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Pimpinan Penyelenggara Pencak Silat, demikian laporan wartawan Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency) di lokasi.

Para penonton membludak hingga tribun yang disediakan panitia tak cukup menampung. Saking penuhnya, ada beberapa penonton yang sampai turun ke tribun khusus media. Beberapa anggota panitia sampai harus merayunya supaya pindah, sesuai aturan yang berlaku.

“Mohon maaf bapak, ini tempat khusus media. Bapak bisa pindah ke tempat yang telah kami sediakan, semua sudah diatur,” ujar salah satu anggota panitia penyelenggara yang tak mau menyebutkan namanya.

Di tengah keributan kecil di tribun media, sesekali terdengar sorakan “Indonesia” setiap kali nama Indonesia disebut. Para penonton terlihat sangat antusias menunggu atlet pencak silat Indonesia beraksi.

Panitia dari Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI), Sunarno mengaku, jumlah penonton yang hadir di hari pertama cabang olahraga pencak silat di luar dugaan. Dari total 1.500 undangan yang disebar, justru ada sekitar 3.000 penonton yang hadir.

“Kita sebenarnya mengundang untuk 1.500 penonton, tapi yang daftar sekarang sampai 3.000. Mungkin karena mereka penasaran ingin menonton atlet silat kita di level internasional,” kata Sunarno.

Ia memastikan, membludaknya jumlah penonton yang hadir tak akan menurunkan pelayanan dari panitia. Untuk mengantisipasi jumlah yang lebih besar, pihaknya akan segera mengatur ulang tempat duduk yang disediakan.

Sementara itu, Tim Manager Pencak Silat Indonesia Edhy Prabowo mengaku sangat senang dengan hadirnya para penonton. Menurutnya, dukungan mereka bisa melambungkan tingkat kepercayaan diri para atlet dari Indonesia.

“Kita targetkan menjadi juara umum,” kata Edhy kepada awak media usai menghadiri acara pembukaan.

Selain Indonesia, negara lain yang ikut meramaikan tes even Asian Games cabang olahraga pencak silat antara lain Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Jepang, Kyrgistan, Singapura, India, Laos, dan Filipina.

Tes event Asian Games 2018 cabang olahraga pencak silat akan mempertandingkan sebanyak 16 nomor pertandingan, yakni untuk nomor putra, Kelas B(50-55 kg), C(55-60 kg) D(60-65), E(65-70), F(70-75 kg), I (85-90 kg), dan kelas J (90-95 kg).

Sedangkan untuk nomor putri kelas B(50-55 kg), C(55-60 kg) dan kelas D(60-65 kg). Untuk nomor seni atau Tunggal Ganda Regu(TGR) yakni, tunggal putra-putri, ganda putra putri dan regu putra- putri. (L/R06/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.