Sudan Darurat Nasional, KBRI Imbau WNI di Khartoum Tenang dan Waspada

Khartoum, MINA – Setelah Presiden Sudan Omar Al-Bashir mengumumkan darurat nasional selama setahun, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Khartoum, mengimbau warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di ibu kota negara Afrika itu tetap tenang dan waspada.

mengimbau kepada seluru WNI yang berada di Khartoum dan sekitarnya untuk tetap tenang dan terus meningkatkan kewaspadaan dan segera berkoordinasi dengan KBRI,” kata pernyataan KBRI Khartoum pada Jumat (22/2) malam, sesaat setelah pengumuman darurat oleh Presiden Bashir.

KBRI juga membuka hotline Kekonsuleran dan Perlindungan WNI/BHI (Bantuan Hukum Indonesia) untuk melayani laporan dari WNI jika terjadi hal-hal yang membahayakan atau mengancam keselamatan diri.

Sebelumnya, dalam pidato yang disiarkan televisi setempat pada Jumat, Presiden Bashir menyatakan keadaan darurat selama setahun, membubarkan kabinetnya dan pemerintah daerah di seluruh negeri.

Bashir juga meminta parlemen Sudan menunda amandemen konstitusi yang akan memungkinkannya mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya dalam pemilihan presiden 2020.

Seiring terjadinya protes berkepanjangan yang telah mengguncang pemerintahannya dalam beberapa bulan terakhir, pria berusia 75 tahun itu mengatakan, “tuntutan rakyat kami untuk kondisi kehidupan yang lebih baik adalah sah.”

“Saya tidak akan berhenti meminta semua pihak untuk duduk di meja dialog,” kata Bashir, seraya menambahkan bahwa ia akan tetap berada di “sisi pemuda yang mewakili masa depan Sudan.”

Berbulan-bulan protes hampir setiap hari terjadi terhadap pemerintahannya, dengan ribuan orang turun ke jalan-jalan di seluruh negeri sejak 19 Desember untuk meminta dia mundur setelah hampir tiga dekade menjabat.

Aktivis mengatakan, hampir 60 orang telah terbunuh sejak protes dimulai, sementara pihak berwenang menyebutkan jumlah korban jiwa 31 orang. (L/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)