Sultan Sokoto Ajak Umat Islam Rukyatul Hilal Awal Sya’ban

Sokoto, Nigeria, MINA – Sultan Sokoto, Alhaji Sa’ad Abubakar III, mengajak umat Islam di wilayahnya untuk mencari bulan baru (rukyatul hilal) awal Sya’ban 1441, pada Selasa (24/3).

Abubakar III membuat panggilan dalam pernyataan yang ditandatangani Prof. Sambo Junaidu, Ketua Komite Penasihat Urusan Agama Dewan Kesultanan Sokoto, dan dikeluarkan untuk wartawan pada Senin (23/3). Media setempat Sunnews Online melaporkan.

“Ini untuk menginformasikan kepada umat Islam bahwa Selasa, 24 Maret, yang setara dengan hari ke-29 Rajab 1441, akan menjadi hari untuk mencari bulan baru Sya’ban,” ujarnya.

“Karena itu, umat Islam diminta untuk mulai mencari bulan baru dan melaporkan penampakannya kepada Distrik atau Kepala Desa terdekat untuk komunikasi selanjutnya dengan Sultan,” katanya.

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Islam, sebelum bulan puasa Ramadhan.

Sultan juga memohon pertolongan Allah bagi semua Muslim untuk dapat melaksanakan ibadah utama puasa dan ibadah lainnya sepanjang bulan suci Ramadhan nanti.

Sokoto merupakan negara bagian di Nigeria, dkenal sebagai kota pendidikan Islam di Afrika dengan mayoritas penduduknya Muslim.

Sultan merupakan pemimpin spiritual tertiggi umat Islam di Nigeria. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)