Survei: Tindakan-Tindakan Trump Paling Dicemaskan Rakyat Jerman

Berlin, MINA – Sumber  kecemasan terbesar masyarakat Jerman saat ini adalah tindakan-tindakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, demikian hasil  survei tahunan sebuah perusahaan asuransi di Jerman tentang ketakutan terdahsyat yang mengganggu rakyat negara itu.

Tindakan-tindakan Trump dipilih sebagai faktor ketakutan teratas oleh 69% responden dalam survei tahunan “Fears of Germans” itu. menggeser masalah nomor satu tahun lalu, terorisme, ke tempat kelima.

“Lebih dari dua pertiga warga Jerman memiliki ketakutan besar bahwa politik Donald Trump membuat dunia menjadi tempat yang lebih berbahaya,” kata direktur institut survei Brigitte Roemstedt seperti dilansir Daily Sabah, Kamis (6/9).

Kekhawatiran terbesar kedua adalah imigrasi massal (dipilih 63 persen), diikuti di tempat ketiga oleh ketegangan sosial akibat  arus besar pengungsi (juga 63 persen).

Menurut jajak pendapat nasional yang melibatkan lebih dari 2.300 responden itu, kekhawatiran tentang dampak lebih dari satu juta migran dan pengungsi yang berbondong-bondong ke Jerman dalam beberapa tahun terakhir sedikit lebih tinggi di dearah timur eks-komunis dan selatan yang konservatif.

Jajak pendapat “Fears of Germans” telah dilakukan selama lebih dari seperempat abad oleh perusahaan asuransi R+V Infocenter, yang menanyakan responden apakah masalah politik, ekonomi, pribadi dan ekologis paling menakutkan mereka.

Kebijakan “America First” Trump, sikap agresifnya terhadap perjanjian internasional dan sikapnya yang tidak kalah agresif terhadap perdagangan dan keamanan, termasuk terhadap sekutu, membuat takut mayoritas penduduk,” kata ilmuwan politik Manfred Schmidt.

“Masalah ini diperkuat oleh serangan Trump terhadap Jerman,” kata Schmidt dari Ruprecht Karls University di Heidelberg, yang memberi nasihat kepada pusat itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Jika AS harus menolak untuk memberikan bantuan militer ke negara-negara dengan pembelanjaan pertahanan yang rendah, ini akan menempatkan Jerman pada posisi yang sulit, mengingat ketidakmampuannya saat ini untuk mempertahankan diri.”

Kekhawatiran utama berikutnya bagi orang Jerman adalah, di nomor empat dalam survei dengan 61 persen, keraguan umum tentang kapasitas politisi mereka untuk menangani masalah kompleks yang mereka hadapi.

Di tempat kelima (59 persen) ditempati masalah terorisme, yang telah menduduki peringkat teratas ketakutan masyarakat Jerman dalam dua tahun terakhir di tengah serangkaian serangan teroris mematikan di Paris, Brussels, London, dan Berlin.

Ketakutan terbesar berikutnya adalah masalah utang zona euro akan membebani pembayar pajak Jerman, ekstremisme politik dan agama, bencana alam yang terkait dengan perubahan iklim, masalah lingkungan lainnya, dan ketergantungan perawatan di usia tua.

Survei tahun ini dilakukan di antara 2.335 responden berusia 14 tahun atau lebih tua antara 8 Juni dan 18 Juli, dengan total 21 pertanyaan yang ditetapkan. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)