Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Survei: Satu dari Lima Anak Perempuan di Malawi Diperkosa

Rudi Hendrik - Kamis, 21 April 2016 - 19:28 WIB

Kamis, 21 April 2016 - 19:28 WIB

596 Views

Anak perempuan Malawi rentan menjadi korban pemerkosaan. (Foto: Al Jazeera)

Blantyre, Malawi, 13 Rajab 1437/21 April 2016 (MINA) – Sebuah hasil survei yang dilakukan lembaga amal Ujamaa asal Kenya di Malawi terhadap 11.460 anak perempuan di bawah usia 18 tahun, menunjukkan rata-rata satu dari lima anak perempuan telah diperkosa.

Hakim perempuan dan polisi Malawi baru-baru ini menyuarakan keprihatinannya tentang lonjakan kasus pemerkosaan, yang tahun lalu menjadi kejahatan yang paling tertinggi yang dilaporkan oleh warga Malawi.

Di pusat kota terbesar kedua Malawi, Blantyre, 90 persen kasus kekerasan adalah pelecehan seksual, demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis (21/4).

Perwira polisi Emmanuel Kalumbu di pusat kota Blantyre mengatakan, antara 9 hingga 13 tahun adalah kelompok usia yang paling rentan menjadi korban perkosaan.

Baca Juga: Rusia Ultimatum Israel Jangan Serang Pangkalan Nuklir Iran

Menurutnya banyak kasus di berbagai kantor polisi setempat yang tidak ditindaklanjuti dengan penangkapan.

Petugas pengadilan anak, Godfrey Chavula mengatakan, tahun lalu ia melihat kasus sebanyak dua puluhan setiap bulan di pusat Blanytre, tapi hanya 45 kasus yang masuk ke pengadilan.

Korupsi dan penundaan sering membuat kasus tidak ditindaklanjuti, karena tidak ada saksi atau keluarga memilih menerima suap uang dari pemerkosa daripada membayar petugas di pengadilan.

Sementara itu, koran lokal selalu dipenuhi dengan berita kejahatan seks yang mencantumkan nama-nama korban atau orang tua mereka, sekolah dan desa asal mereka.

Baca Juga: Senator AS: Tidak Ada Lagi Pembenaran untuk Serangan Israel ke Palestina

Namun di negeri itu, perkosaan anak dalam bentuk inses dapat dianggap diterima atas nama “praktek budaya”.

Di beberapa daerah, ayah diketahui tidur dengan anak perempuannya jika istrinya menolak berhubungan seks atau jatuh sakit, atau untuk menentukan berapa banyak biaya untuk “lobola” atau mas kawinnya.

Ada pemikiran yang masih mengakar di masyarakat adat bahwa pemerkosaan dianggap tidak berdosa, terutama terhadap perawan untuk “membersihkan” penyakit, termasuk HIV, kutukan yang jelas, atau untuk membawa keberuntungan.

Brendan Ross, seorang di dewan Ujamaa mengatakan, orang yang menentang praktik budaya itu dianggap tidak menghormati orang yang lebih tua. (T/P001/R02)

Baca Juga: Italia Berlakukan Embargo Senjata ke Israel

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Feature
Afrika