Tanah Masjid Babri untuk Hindu, Sedikit untuk Muslim

Massa Hindu India naik ke atas kubah Masjid Babri di Ayodhya, Negara Bagian Uttar Pradesh untuk merubuhkan masjid pada 6 Desember 1992. (Foto: Douglas E. Curran/AFP)

Ada peningkatan keamanan di , sebuah kota di negara bagian Uttar Pradesh di India utara, menjelang putusan Mahkamah Agung di sebuah situs yang diklaim oleh umat Islam dan Hindu.

Sabtu pagi, 9 November 2019, kota itu tampak sepi ketika penduduk memilih tinggal di dalam rumah mereka, menunggu keputusan diumumkan.

Sebagian warga bahkan sudah menimbun makanan sebelumnya, kalau-kalau keputusan itu memancing kemarahan, kekerasan, dan akhirnya jam malam di terapkan di kota bersejarah itu.

Namun, ketika pengadilan tinggi India memberikan putusannya, Ayodhya yang mayoritas berwarga Hindu perlahan-lahan kembali normal, orang-orang kembali beraktivitas di jalanan.

Kehadiran polisi yang besar tidak menghalangi penduduk setempat untuk keluar dan mengungkapkan kebahagiaan atau keraguan mereka tentang keputusan penting tersebut.

Dalam putusan yang mengecewakan umat Islam, Mahkamah Agung India memberikan kontrol kepada umat Hindu atas situs tersebut, membuka jalan untuk pembangunan sebuah kuil.

Sebuah masjid abad ke-16, yang dikenal dengan nama Masjid Babri, telah berada di situs itu sampai 6 Desember 1992, ketika dihancurkan oleh gerombolan Hindu. Negara itu kemudian dilanda kerusuhan agama paling mematikan sejak kemerdekaannya. Lebih 2.00 orang tewas, kebanyakan mereka adalah Muslim.

Orang Hindu meyakini bahwa Dewa Ram, dewa perang, lahir di situs itu dan mereka menuding bahwa kaisar Mughal pertama, Babur, membangun masjid di atas sebuah kuil di sana.

Pada hari Sabtu itu, lima hakim yang dipimpin oleh Hakim Ketua Ranjan Gogoi, juga mengarahkan Pemerintah India untuk membagikan lima hektar (dua hektar) lahan kepada umat Islam untuk membangun sebuah masjid. Panel hakim Mahkama Agung juga mengakui bahwa pembongkaran masjid oleh kelompok Hindu pada tahun 1992 melanggar aturan hukum.

Mahkamah Agung memerintahkan pemerintah untuk membentuk komite dalam waktu tiga bulan untuk memimpin pembangunan kuil.

 

Orang Hindu bersukacita

Orang-orang Hindu di Ayodhya memuji keputusan tersebut. Mereka mengatakan bahwa mereka menghormati kepentingan orang-orang Hindu dan Muslim.

Sebagian mengucapkan selamat satu sama lain di jalan-jalan ketika yang lain meneriakkan “Jai Shree Ram” (Salam Dewa Ram), sebuah slogan agama yang dipolitisasi pada awal 1990-an selama Gerakan Kuil Ram, yang menyebabkan pembongkaran Masjid Babri.

“Ini adalah hari bersejarah bagi semua umat Hindu di seluruh dunia dan saya sangat bangga dengan bagaimana Mahkamah Agung menangani seluruh masalah ini. Tidak ada penilaian yang lebih baik daripada ini,” kata Bharat Das, seorang pendeta Hindu di sebuah kuil di Ayodhya, kepada Al Jazeera.

“Saya bahkan menyambut keputusan pengadilan untuk menyediakan tanah pengganti bagi umat Islam. Putusan ini akan memperkuat ikatan antara umat Hindu dan Muslim di negara ini,” katanya.

Rajendra Tiwari, warga yang memiliki toko kecil di kota itu, menyambut keputusan tersebut dengan alasan ekonomi.

“Jika sebuah kuil Ram besar dibangun di Ayodhya, itu akan meningkatkan ekonomi lokal karena lebih banyak wisatawan akan berduyun-duyun ke kota,” katanya. “Ini berarti peluang bisnis yang lebih baik bagi orang-orang seperti saya.”

“Ekonomi Ayodhya benar-benar tergantung pada Ram dan jika tidak ada turis, kita tidak akan makan apa-apa,” katanya.

Menurutnya, umat Islam tidak dapat menyangkal fakta itu. Orang-orang di kota tersebut, terlepas dari agama mereka, harus makmur. Ia menganggap keputusan itu telah melakukannya.

Masjid Babri bersejarah diduduki massa Hindu pada 1992. (Foto: dok. Asia News)

Reaksi beragam di kalangan umat Islam

Reaksi di antara komunitas Muslim di Ayodhya beragam.

Sebagian menyambut keputusan itu, yang lain menolaknya, dan ada perasaan pasrah bahwa umat Islam tidak punya pilihan selain menerima keputusan pengadilan.

Ada juga rasa lega bahwa hasilnya mengakhiri perselisihan yang telah menjadi garis kesalahan terbesar antara kedua komunitas di India.

“Kami ingin penyelesaian dan Mahkamah Agung telah menunjukkan jalan kepada kami. Kami tidak memiliki masalah jika (kuil) dibangun di sana, tetapi kami akan lebih bahagia jika pengadilan menentukan tempat di mana masjid akan dibangun,” kata Babu Bhai, anggota Komite Resolusi Warga Masjid Babri.

Akram Khan, seorang penduduk, menyambut keputusan itu. Ia mengatakan, “Anggota senior komunitas kami, yang juga bagian dari negosiasi, telah mengatakan bahwa mereka menghormati dan menyambut putusan pengadilan, jadi tidak ada alasan mengapa kami harus berbeda.”

“Lima generasi kami telah menyaksikan begitu banyak permusuhan karena perselisihan ini dan jika ini adalah bagaimana pengadilan seharusnya menangani, kami menyambutnya,” tambahnya.

Sementara itu, Dewan Hukum Pribadi Muslim Seluruh India mengatakan bahwa mereka tidak puas dan berjanji untuk mengevaluasi opsi hukum, termasuk mengajukan petisi peninjauan.

 

Kritik berbicara secara online

Kritik terhadap keputusan itu lebih vokal di media sosial. Sebagian mengatakan, putusan itu adalah keputusan berdasarkan agama.

Kapil Komireddi, seorang penulis dan jurnalis India, menulis di Twitter. “Apa yang terjadi hari ini bukanlah akhir dari bab menyedihkan dalam sejarah kita. Ini adalah awal dari fase bencana. Apa yang mereka lakukan di Ayodhya akan mereka coba tiru di selusin tempat lain. Dan kengerian Ayodhya akan tampak sepele ketika mereka pergi tentang pembalasan sejarah.”

Pengacara internasional Suchitra Vijayan menulis di Twitter, “Hindu Rashtra (pemerintahan Hindu) ada di sini & ini adalah awal dari zaman ketakutan. Di tahun-tahun mendatang Ayodhya, & pogrom Gujarat akan pucat. Kita akan ingat orang-orang yang dimaksudkan untuk membela konstitusi kita, melepaskan tanggung jawab mereka pada kebenaran & keadilan.”

 

Sikap pemerintah dan oposisi

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan, putusan itu tidak boleh dilihat sebagai kemenangan atau kerugian bagi siapa pun.

“Ketenangan dan perdamaian yang dipertahankan oleh (1,3 miliarI orang India menjelang putusan hari ini memanifestasikan komitmen inheren India untuk hidup berdampingan secara damai,” kata Modi. “Semoga semangat persatuan dan kebersamaan ini memperkuat lintasan pembangunan bangsa kita. Semoga setiap orang India diberdayakan.”

Partai-partai oposisi menyambut keputusan pengadilan dan menyerukan perdamaian dan harmoni di negara itu.

Namun, ada beberapa reaksi dari politisi oposisi Asaduddin Owaisi, Presiden All India Majlis-e-Ittehadul Muslimeen.

“Jika Masjid Babri tidak dihancurkan hari itu, akan seperti apa hukuman hari ini?” dia berkata. “Ada diskriminasi terhadap Muslim dan tidak ada yang bisa menyangkalnya. Kami memperjuangkan hak-hak hukum kami.”

Valay Singh, penulis “Ayodhya: City of Faith, City of Discord”, menggambarkan putusan itu sebagai “penilaian penting”.

“Yang lebih menarik adalah bagaimana tidak seorang pun hakim yang berbeda pendapat,” katanya kepada Al Jazeera. (AT/RI-1/P1)

 

Sumber: Tulisan Akash Bisht di Al Jazeera

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.