Tantowi Apresiasi Menlu Lakukan Shuttle Diplomacy di Rohingya

Anggota Komisi I DPR RI

 

Jakarta, 16 Jumadil Awwal 1438/14 Februari 2017 (MINA) – Anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya mengapresiasi kinerja Menteri Luar Negeri () dalam menyikapi persoalan , terutama dalam teknis diplomasi yang belum pernah dilakukan oleh Menlu sebelumnya yang disebutnya sebagai shuttle diplomacy.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/2). Demikian laman Setkab yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Saya apresiasi apa yang dilakukan Menlu terkait persoalan Rohingya. Apa yang dilakukan Menlu adalah hal yang berbeda tapi menghasilkan, apa yang dilakukan Menlu RI berbeda dengan Malaysia misalnya. Malaysia kita lihat terkait Rohingya itu bersisik. Tentu kalau menyikapinya pasti ada sesuatu. Ada kepentingan politik domestik di Malaysia yang menunggangi isu Rohingya,” jelas Tantowi.

Ia pun mengapresiasi sikap Menlu Indonesia yang lebih mengutamakan misi kemanusiaan dengan melakukan shuttle diplomacy, yakni teknis diplomasi yang dilakukan dalam rangka mengkoneksikan daerah-daerah di sekitar Rohingya.

“Apa yang dilakukan oleh Menlu di Indonesia sesungguhnya adalah misi kemanusiaan. Ibu Menlu melakukan sesuatu efektif dan melakukan suatu terobosan yang belum pernah dilakukan Menlu sebelumnya yakni shuttle diplomacy. Ibu berjalan ke Bangladesh, Rohingya dan Myanmar dalam rangka mengkoneksi,” ujar Tantowi.

Menurut Tantowi yang sudah ditunjuk sebagai Duta Besar Selandia Baru ini, Indonesia perlu mensyiarkan peran diplomasi Indonesia ke seluruh dunia dalam menyikapi isu Rohingya. Agar peran politik luar Indonesia dapat lebih dipandang di dunia Internasional. “Yang dilakukan Indonesia itu besar di Rohingya, menurut saya ini harus kita syiarkan seluas-luasnya pada dunia,” tutupnya. (T/R09/P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.