Tasneem Wali Kota Muslimah Pertama di India

New Delhi, MINA – Kota Mysore (Mysuru) Negara Bagian Karnataka, India, baru-baru ini memilih wali kota wanita Muslim pertama kalinya, dalam sejarahnya yang berusia 158 tahun.

Badan sipil The Mysore City Corporation (MCC) menetapkan Tasneem Munnavar Pasha (31 tahun), yang juga merupakan wali kota termuda.

Dalam sambutan pertamanya, seperti dilaporkan Indian express pada Senin (20/1), Tasneem mengatakan dia akan bekerja untuk memastikan Mysore memenangkan ‘Kota Terbersih’ di peringkat Swachh Survekshan.

“Meskipun kami berada di urutan ketiga dalam daftar kota terbersih di peringkat 2019. Kami sekarang berupaya untuk mengamankan tempat teratas dalam daftar. Dengan layanan berdedikasi dari petugas di semua tingkatan dan dengan bantuan dari warga, kami yakin dapat memenangkan Kota Terbersih saat ini. Ini adalah prioritas saya,” katanya.

Karir Politik

Terlahir sebagai anak ketiga dari penjahit Munnavar Pasha dan ibu rumah tangga Tahseen Banu, Tasneem telah menjalani seluruh hidupnya di daerah Meena Bazaar, lingkungan yang telah ia wakili sejak 2013 dalam karir politiknya sebagai korporator (anggota DPRD).

Tasneem membuatnya masuk ke dalam politik elektoral sebelum Pemilihan Korporasi Kota Mysore 2013 diadakan pada bulan Maret, sebagai kandidat Kongres dari Ward 26 Meena Bazaar.

Ketika komunitasnya memintanya untuk maju dalam pemilihan walikota, Tasneem muncul sebagai kandidat partai, menggantikan pamannya, korporator tiga kali Alhaj Naseeruddin Babu. Namun belum terpilih sebagai wali kota.

Dia terpilih sebagai kandidat lagi pada 2018, tetapi kali ini dari jalur Janata Dal (Sekuler). Tasneem telah beralih pihak sebagai bagian dari faksi Kongres yang memilih untuk mendukung Janata Dal dalam pemilihan Majelis legislatif negara bagian.

Tasneem, lulusan Maharani Science College for Women di India, juga mengatakan dalam sambutannya, rencana telah disusun untuk memastikan pasokan air dan listrik yang tidak terputus, sistem drainase bawah tanah, dan ruang bagi warga untuk memberikan umpan balik terhadap pemerintah.

Ia juga adalah ibu dari dua anak, Syeda Rumani, siswa Kelas 8, dan Syed Uwaiz, siswa Kelas 2. Suaminya adalah Syed Samiulla, pekerja bordir tangan yang menjalankan usaha di Meena Bazaar.

Tasneem terpilih sebagai Walikota setelah ia mengantongi 47 suara dari 70 suara, mengalahkan kandidat BJP Geetha Yogananda, yang hanya meraih 23 suara.

Wakilnya adalah C Sridhar, korporator Kongres dari Giriyabovipalya (Ward-38). (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)