Teater Sekolah Muslim Kanada Luruskan Islamofobia

Calgary, Kanada, MINA – Anak-anak dari kampus Omar Bin Al-Khattab di Calgary Islamic School, Kanada, menggunakan kekuatan teater untuk menangani masalah-masalah seperti Islamofobia, identitas dan sejarah Muslim di negara itu, bekerja sama dengan perusahaan teater lokal.

Dalam kontak pertama untuk kedua organisasi, sekolah itu telah bekerja sama dengan Trickster Theatre yang berbasis di Calgary untuk kursus kilat tentang akting dan kinerja, menghasilkan pertunjukan yang dilakukan oleh TK hingga siswa kelas 9.

“Ini luar biasa,” kata guru kelas 9 Noreen Bashir. “Mereka sudah di sini mempersiapkan murid-murid kita dengan alat peraga, latihan, dan anak-anak memiliki waktu yang luar biasa mempelajari semua tentang dunia seni,” ujarnya seperti dilaporkan CBC News.

Kemitraan ini adalah hasil dari aplikasi hibah senilai US$ 11.000 melalui Calgary Arts Development.

“Tema utama kami adalah sejarah umat Islam di Kanada dengan setiap kelas diminta untuk membuat permainan sebagai bagian dari gambar yang lebih besar. Kelas saya berurusan dengan stereotip dan Islamofobia, kelas lain berurusan dengan Masjid pertama yang dibangun di Kanada, hambatan bahasa, dan Muslim sebagai penolong masyarakat,” kata Bashir.

“Saya hanya ingin mereka bangga dengan siapa mereka. Untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita bukan seperti apa yang kita pikirkan, kita sama seperti orang lain, tetapi pada saat yang sama kita juga sangat berbeda jadi terima kami dan kami terima kalian.”

Lokakarya selama sepekan melibatkan delapan aktor dari Trickster yang bekerja dengan kelas yang berbeda dalam keterampilan akting dan pertunjukan.

“Ini pertama kalinya sebuah sekolah Islam bekerja dengan Trickster. Mereka belajar beberapa hal tentang agama dan bekerja dengan sebuah sekolah Islam,” kata kepala sekolah Raiha Idrees.

“Apa yang kami coba lakukan adalah mengubah beberapa kepercayaan stereotip. Sebagai bagian dari inisiatif mereka akan menghasilkan CD yang berisi drama dan pesan dari kelas dan itu diharapkan itu akan dibagikan baik di tingkat nasional dan internasional. (T/R11/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

https://www.google.com/amp/s/www.cbc.ca/amp/1.4937977