TENTARA KURDI MULAI MASUKI KOBANE

PASUKAN-PESHMERGA1
PASUKAN-PESHMERGA1
Pasukan Peshmerga mulai masuki siap perang melawan ISIS. (Foto: IMN.net)

Erbil, Irak, 7 Muharram 1436/31 Oktober 2014 (MINA) – Sepuluh tentara Peshmerga Kurdi memasuki Kobane, Suriah dari distrik Suruc provinsi Sanliurfa Turki, sisanya 150 orang akan masuk setelah lokasi tugas mereka ditentukan, kata juru bicara kementerian Peshmerga.

Pejabat Daerah Kurdi Irak mengatakan, kesepuluh tentara Peshmerga Kurdi Irak memasuki kota Kobane pada Kamis (30/10), Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

“Sebanyak 150 pejuang yang tersisa akan masuk Suriah setelah lokasi ditetapkan, di mana mereka akan ditempatkan,” kata Juru bicara Kementerian Peshmerga Pemerintah Daerah Kurdi Osman Riseyi.

Pasukan Peshmerga akan mendukung kelompok-kelompok bersenjata Kurdi di Kobane melawan pendukung Bagdadi.

Dia juga menyatakan, pasukan Peshmerga akan menuju ke front pertempuran tanpa penundaan.

Pertempuran untuk menguasai kota strategis Kobane antara pendukung Bagdadi dan kelompok bersenjata Kurdi telah berkecamuk sejak pertengahan September, ketika pendukung Bagdadi masuk Kobane.

Diperkirakan 1,5 juta pengungsi Suriah, sekitar 190.000 diantaranya berasal dari Kobane, sedang ditampung di kamp-kamp di Turki setelah mengungsi menghindari pertempuran.

Pemerintah Turki telah mendesak masyarakat internasional, termasuk PBB, untuk menciptakan zona larangan terbang dan tempat yang aman bagi para pengungsi di dalam wilayah Suriah dekat perbatasan Turki. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0