Tentara Suriah Masuki Daraa, Kibarkan Bendera

Damaskus, MINA – Media pemerintah Suriah melaporkan, tentara pasukan pro Presiden Bashar Al-Assad memasuki bagian kota yang dikuasai oposisi pada Kamis (12/7).

Pasukan tersebut menaikkan bendera nasional di tempat permulaan oposisi memicu perang tujuh tahun negara itu.

“Unit-unit tentara Suriah memasuki Daraa Al-Balad dan menaikkan bendera nasional di alun-alun,” kata kantor berita nasional SANA, demikian Arab News melaporkan.

Sehari sebelumnya, SANA melaporkan bahwa para pejuang oposisi dan rezim telah mencapai kesepakatan bahwa oposisi menyerahkan senjata berat mereka di Daraa Al-Balad dan bagian kota yang dikuasai oposisi lainnya.

Kesepakatan itu terjadi setelah gencatan senjata diumumkan pekan lalu yang membendung hampir tiga pekan penembakan di provinsi yang berbatasan dengan Yordania itu.

Pemerintah Damaskus bertekad merebut kembali seluruh provinsi Daraa, termasuk ibu kota simbolisnya, tempat protes melawan kekuasaan Assad dimulai tujuh tahun yang lalu.

Namun, lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) mengatakan, pasukan pemerintah yang memasuki Daraa Al-Balad pada Kamis hanyalah “simbolis”. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.