Tidak Ada Pemilu di Provinsi Raqqa dan Idlib

Damaskus, 25 Jumadil Akhir 1437/4 April 2016 (MINA) – Kepala Komite Hisham Al-Shaar mengatakan, pemilu akan diselenggarakan di mana-mana, kecuali di provinsi Raqa dan .

Kedua provinsi tersebut dikuasai oleh Islamic State (ISIS/Daesh) dan Nusra Front yang berafiliasi kepada Al-Qaeda.

Shaar juga mengatakan, pemilu pun tidak akan dilaksanakan di wilayah yang memiliki masalah keamanan, seperti pada wilayah yang dikuasai oleh oposisi, demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Warga di provinsi timur Deir Ez-Zor yang wilayahnya banyak dikendalikan oleh ISIS, dapat memberikan suara di tempat pemungutan suara di Damaskus dan provinsi seperti di Hasakeh.

Masa kampanye pemilihan umum parlemen Suriah telah dimulai yang ditandai maraknya poster-poster dan spanduk dipasang di jalan-jalan Kota Damaskus.

Hampir 12.000 calon bersaing untuk pemilu parlemen pada 13 April mendatang yang akan memperebutkan 250 kursi legislatif.

“Bersama-sama, bergandengan tangan, kami akan membangun kembali Suriah,” bunyi janji satu spanduk yang dipasang oleh calon dari Deir Ez-Zor yang berbatasan dengan Irak.

Kandidat lain dari provinsi yang dilanda perang berkampanye dengan slogan “Menang rakyat Suriah”.

Kandidat parlemen diperbolehkan untuk mengadakan pertemuan, menyebarkan brosur dan memasang poster dan spanduk, tapi mereka dilarang berbicara kepada pers.

“Tujuannya adalah untuk memastikan kesetaraan antara kandidat kaya yang mampu membayar untuk iklan di surat kabar dengan mereka yang tidak bisa,” kata Shaar.

Pemilu parlemen 2012 adalah yang pertama sejak Partai Baath pimpinan Bashar Al-Assad berkuasa yang memungkinkan calon non-Baath ikut serta.

Meskipun demikian, sebagian besar dari 250 anggota parlemen yang dilantik masih anggota partai Baath. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.