Dampak Gempa Besar di Turkiye Guncang Sebagian Suriah, 100 Orang Tewas

Gempa Suriah. (Foto: Anadolu Agency)

Suriah, MINA – Setidaknya 100 orang tewas dan ratusan lainnya terluka di Suriah setelah serangkaian gempa kuat yang berpusat di Türkiye tenggara mengguncang wilayah yang lebih luas pada Senin pagi. Demikian dikutip dari Anadolu Agency, Senin, (6/2).

Getaran kuat melanda wilayah , , Hama, Latakia, dan Raqqa di Suriah, lapor kantor berita SANA milik pemerintah.

Setidaknya 42 orang tewas dan lebih dari 200 lainnya terluka di daerah Aleppo di bawah kendali rezim Bashar al-Assad, kata laporan itu.

Lusinan bangunan juga hancur atau rusak di daerah yang dikuasai oposisi di Suriah utara, tempat tim penyelamat dengan panik mencari korban selamat.

Di berbagai wilayah di Suriah utara, setidaknya 58 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka, menurut informasi yang dikumpulkan Anadolu dari beberapa sumber lokal, termasuk Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah dan rumah sakit.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan, gempa berkekuatan 7,4 melanda pada pukul 04.17 pagi (0117 GMT) atau bertepatan 08.00 WIB dan berpusat di distrik Pazarcik di provinsi selatan Kahramanmaras di Turkiye.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 7 kilometer (4,3 mil). Gempa juga diikuti oleh gempa berkekuatan 6,4 yang melanda provinsi Gaziantep tenggara. Gempa ketiga dengan magnitudo 6,5 juga melanda Gaziantep. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: sajadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.