31 LSM Suriah dan Internasional Kirim Surat Terbuka ke DK PBB

Warga Suriah terdampak gempa mendapat bantuan. (Foto: Twitter)

, MINA – Tiga puluh satu LSM kemanusiaan dan bantuan dan internasional mengirim surat terbuka ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menyerukan pembaruan resolusi lintas batas Suriah yang memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan ke Suriah.

Organisasi tersebut menyatakan: “Tanggapan lintas batas PBB, yang difasilitasi oleh Dewan ini, adalah garis hidup kemanusiaan dan ekonomi bagi keluarga Suriah yang berjuang untuk bertahan hidup setelah lebih dari satu dekade konflik dan sekarang gempa dahsyat.” MEMO melaporkan, Sabtu (24/6).

“Besarnya berbagai krisis yang berdampak pada barat laut Suriah menuntut otorisasi ulang bantuan lintas batas minimal selama 12 bulan. Jika Dewan gagal memperbarui mekanisme ini, itu akan mengirimkan pesan kepada warga Suriah bahwa Dewan bersedia menerima penderitaan tambahan dan kehilangan nyawa yang dapat dicegah dalam pengawasannya,” tambah mereka dalam surat pernyataannya.

Dinyatakan, jika mekanisme lintas batas berakhir pada bulan Juli, gangguan dan pengurangan aliran bantuan selanjutnya akan terbukti menghancurkan bagi mereka yang sudah berada di titik puncaknya.

“Perjanjian khusus konteks, bilateral, dan jangka pendek ini tidak memberikan stabilitas akses untuk perencanaan dan pendanaan jangka panjang serta keputusan operasional untuk organisasi kemanusiaan, dan tidak mengurangi kebutuhan DK PBB untuk mengesahkan kembali mekanisme lintas batas dan akses melalui Bab al Hawa setidaknya untuk 12 bulan lagi,” kata mereka.

Mereka juga mengatakan, Bab Al-Hawa, di mana pusat transshipment PBB berada, tetap menjadi jalur pasokan paling penting untuk respons.

Lebih dari sekadar barang, mekanisme Dewan Keamanan PBB menopang seluruh respons kemanusiaan di barat laut, memastikan LSM Suriah dan Internasional memiliki akses ke pendanaan melalui Dana Kemanusiaan Lintas Batas Suriah dan menjamin akses yang aman dan berkelanjutan ke masyarakat.

“Ketidakpastian tentang pembaruan mekanisme lintas batas, ditambah dengan ketidakpastian tentang perjanjian bilateral setelah 13 Agustus 2023, membuat keluarga dan staf LSM dalam keadaan sangat cemas, tidak dapat merencanakan lebih dari hitungan minggu ke depan. Hidup dalam keadaan ketidakpastian terus-menerus, tidak yakin apakah bantuan penyelamat hidup akan berlanjut, memperburuk tekanan psikologis yang dihadapi jutaan warga Suriah,” temabahnya.

Organisasi-organisasi tersebut mengakhiri surat dengan menyerukan kepada anggota Dewan Keamanan untuk memastikan warga Suriah diberikan lebih banyak, bukan lebih sedikit, akses kemanusiaan, dan Dewan mempertahankan akses tersebut setidaknya selama satu tahun.

“Hal ini tidak hanya akan menjamin stabilitas yang diperlukan untuk donor internasional untuk lebih murah hati mendukung bantuan kemanusiaan dan pemulihan awal untuk barat laut, tetapi itu juga akan memberi sinyal kepada warga Suriah di bagian negara ini bahwa mereka tidak dilupakan dan bahwa mereka memiliki hak untuk hidup bermartabat dan dengan harapan,” ujar mereka. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.