Tillerson Akan Kunjungi Myanmar Bahas Isu Rohingya

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat . (Gambar: CNN)

Washington, MINA – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dalam sebuah pengumuman hari Kamis (2/11), mengatakan, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson akan menemani Presiden Donald Trump dalam perjalanannya ke Jepang, Republik Korea, Cina, Vietnam, dan Filipina.

“Menteri Luar Negeri kemudian akan melakukan perjalanan ke Naypyidaw, Burma, pada tanggal 15 November,” kata pengumuman itu. Demikian BD News24 memberitakannya yang dikutip MINA.

Tillerson dijadwalkan akan bertemu dan berkonsultasi dengan para pemimpin senior dan pejabat mengenai tindakan penanganan krisis kemanusiaan di Negara Bagian Rakhine dan dukungan AS untuk transisi demokrasi Myanmar.

Pemerintah Washington telah bekerja keras untuk menjalin hubungan dekat dengan pemerintah pimpinan sipil Myanmar yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi dalam menghadapi persaingan dengan Cina.

“Dunia tidak bisa hanya diam saja dan menjadi saksi kekejaman yang dilaporkan terjadi di wilayah tersebut,” kata Tillerson kepada Pusat Penelitian Strategis dan Internasional Washington pada 18 Oktober lalu.

Sepekan yang lalu, Tillerson berbicara dengan Kepala Angkatan Darat Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing dan menyampaikan kekhawatiran AS atas kekejaman terhadap orang-orang Rohingya. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.