MER-C Beri Edukasi Kesehatan pada Korban Gempa Lombok

, MINA – Tim relawan Lembaga Kemanusiaan Kegawatdaruratan MER-C memberikan kepada masyarakat korban gempa di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Edukasi kesehatan disampaikan oleh , yaitu Dr. Kemas M Hafied Rizky, Dr. Angie Erdhita dan Zaid Iriwasan kepada siswa-siswi SMPN 3 Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

Kegiatan pada Senin (10/9) itu setelah upacara dan bertempat di lapangan sekolah. Sekitar 160 siswa-siswi mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 dengan fokus dan antusias mengikuti materi Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan Malaria.

Dr. Kemas M Hafied sebagai Koordinator Lapangan relawan MER-C di Lombok mengungkapkan, materi PHBS dipilih karena kehidupan masyarakat pasca gempa kurang memperhatikan masalah pentingnya kebersihan diri.

Menurutnya, keluhan penyakit masyarakat yang datang berobat ke RS Lapangan MER-C juga terkait masalah ini seperti diare, penyakit kulit dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai PHBS dimulai dari siswa-siswi di sini, diantaranya membiasakan mencuci tangan. Materi tentang malaria juga kami singgung karena adanya informasi endemik malaria di Lombok Barat,” katanya.

Agar menarik perhatian siswa, Tim MER-C mengadakan games di sela-sela kegiatan edukasi dan membagikan hadiah bagi siswa-siswi yang aktif menjawab pertanyaan yang diajukan relawan.

Setelah peristiwa gempa mengguncang NTB, Lembaga MER-C langsung mengirimkan bantuan baik logostik, obat-obatan, alat medis seperti tongkat, dan tempat tinggal sementara, serta menurunkan relawan medis yang tersebar di wilayah dusun dan desa di kec. kayangan, kec. gangga, Lombok Utara.

Saat ini tim relawan MER-C yang berada di Lombok dan Mataram sekitar 16 orang, karena bergantian dengan relawan lainnya.

Bantuan terus dilakukan untuk kondisi dan keadaan warga yang terdampak kembali.Bantuan untuk donatur untuk korban gempa bumi Lombok dapat disalurkan melalui: BCA, 686.0099339, BSM, 701.5658.899, BNI Syariah, 303.2000.922, semua rekening atas nama: Komite Penyelamatan Darurat Medis. Untuk info lebih lanjut dapat menggubungi Call Center MER-C Pusat: 0811990176. (R/R10/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.