Tim SAR Gabungan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Talang Padang, Tanggamus

Tim SAR gabungan mengevakuasi warga yang terdampak banjir yang terjadi di Pekon Sinar Banten dan Pekon Sinar Petir, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus. (Photo: Basarnas Lampung)

Tanggamus, MINA – Tim SAR gabungan mengevakuasi warga yang terdampak banjir yang terjadi di Pekon Sinar Banten dan Pekon Sinar Petir, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Lampung akibat hujan deras yang mengguyur pada Jumat (24/5) siang hingga malam hari.

Berdasarkan rilis yang diterima MINA, curah hujan yang tinggi di Pekon Sinar Banten, Kecamatan Talang Padang tersebut menyebabkan banjir setinggi 1 meter yang menyebabkan beberapa rumah yang berada di pinggiran sungai mengalami kerusakan diterjang banjir.

Kepala Kantor Basarnas Lampung, Deden Ridwansyah dalam keterangannya mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan melaksanakan pertolongan korban terjebak. Tiba di lokasi, tim langsung berkoordinasi dengan aparat setempat.

Baca Juga:  Imaam Yakhsyallah: Tiga Pelajaran dari Kisah Nabi Ibrahim dan Putranya

Setelah berkoordinasi tim SAR gabungan langsung menuju rumah yang terdapat warga terjebak di Pekon Sinar Banten. Sejumlah 4 orang warga berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan selamat dengan menggunakan tali safety dan perahu karet. Adapun data warga Pekon Sinar Banten yang berhasil dievakuasi adalah Eka (38), Fares (5 ), Nabila (10), dan Siti (60).

Berdasarkan pengembangan informasi dari Camat Talang Padang, menerima info kembali terdapat warga di Pekon Sinar Petir yang membutuhkan bantuan evakuasi. Pukul 00.51 WIB tim tiba di lokasi dan melaksanakan proses evakuasi. Warga Pekon Sinar Petir sejumlah 3 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Adapun nama nama warga selamat tersebut adalah Abdullah (52), Yuli (40), dan Faiz (12).

Baca Juga:  Warga Ponpes Al-Fatah Cileungsi Antusias Berkurban

Hingga Sabtu (25/05) pukul 02.30 WIB tim SAR Gabungan yang terdiri dari personil Pos SAR Tanggamus, Camat Talang Padang, Babinsa Talang Padang, Babinkamtibmas Talang Padang, BPBD Tanggamus dan warga sekitar melakukan pemantauan dan kondisi banjir berangsur surut. Kemudian tim SAR gabungan berkoordinasi dan sepakat operasi SAR dihentikan dan tim kembali ke satuan masing masing.

Komandan Pos SAR Tanggamus, Robi Rusli melaporkan langsung hasil operasi SAR kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator). “Alhamdulillah warga yang terjebak banjir di Pekon Sinar Banten dan Pekon Sinar Petir Kec. Talang Padang sejumlah 7 orang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat,” kata Robi.[]

Baca Juga:  Al-Fatah Lampung Gelar Shalat Idul Adha Bertema Bela Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Widi Kusnadi