Total Pembiayaan IDB Mencapai 9.8 Milyar Dolar AS Tahun 2017

(Foto: IINA)

Tunisia, MINA – Presiden Bank Pembangunan Islam () Group Dr. Bandar Hajjar mengatakan pada hari Senin (2/4), total dana IDB untuk proyek-proyek pembangunan di negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam () mencapai 9,8 miliar dolar AS selama 2017.

Hajjar membuat pernyataan pada konferensi pers, di mana ia meluncurkan Laporan Tahunan 2017 IDB, di hadapan Menteri Pembangunan Tunisia, Investasi dan Kerjasama Internasional Ziad Al-Athari. UNA melaporkan yang dikutip MINA, Selasa (3/4).

Selama konferensi pers, yang diadakan di sela-sela Pertemuan Tahunan ke-43 Grup IDB, Hajjar mengatakan lima penerima manfaat teratas dari pembiayaan IDB Group 2017 adalah Mesir, Turki, Pakistan, Bangladesh, dan Kazakhstan.

Kepala IDB memuji Keuangan Islam yang dipraktekkan oleh lembaga keuangan Islam, yang didasarkan pada prinsip pembagian risiko dan keuangan yang didukung aset.

Dia mencatat upaya IDB selama 44 tahun di bidang Keuangan Islam untuk mempromosikan pembangunan ekonomi berkelanjutan jangka panjang dengan meluncurkan inisiatif kemitraan dengan sektor publik dan swasta, mengembangkan pasar keuangan dan infrastruktur keuangan serta memperluas peran swasta, sektor melalui pembagian risiko dan mendukung sektor keuangan di negara-negara anggota IDB.

Hajjar menunjukkan bahwa IDB mencari visi baru untuk kemitraan dengan sektor swasta di dunia Islam untuk melatih kader yang mampu inovasi dan produksi dan mendapatkan manfaat dari pinjaman yang diberikan kepada mereka dalam kerangka apa yang dikenal sebagai Rantai Kerja Pembangunan Terpadu. “Jadi tema tahun ini adalah Kemitraan untuk Pembangunan Berkelanjutan,” katanya.

Ditanya oleh Union of OIC News Agencies (UNA) tentang Science, Technology, dan Innovation Fund baru yang diluncurkan oleh IDB dan apa yang membedakannya dari pengalaman masa lalu untuk memperkuat inovasi di dunia Muslim, Hajjar mengatakan IDB berfokus pada ruang sains dan inovasi, sehingga ini memulai gagasan untuk membangun Dana Sains, Teknologi, dan Inovasi (STI) senilai 500 juta dolar AS.

Dia menyatakan IDB dan Dana Solidaritas Islam (ISF) masing-masing telah memberikan kontribusi 100 dolar AS untuk dana tersebut, menambahkan bahwa koordinasi sedang dilakukan untuk menyediakan jumlah yang tersisa.

Hajjar menjelaskan bahwa model IDB adalah model yang berbeda. Ini terdiri dari sistem terintegrasi termasuk dana keuangan, kantor untuk perlindungan paten dan kekayaan intelektual, beasiswa dan platform elektronik untuk menerima inovasi.

Sementara itu, Menteri Al-Athari mengatakan total dana yang diterima oleh Tunisia sejak pembentukan IDB mencapai 3,2 miliar dolar As, dimana 765 juta dolar AS di sektor listrik dan 275 juta dolar AS untuk mendukung proyek-proyek pertanian.

Dia menambahkan bahwa sektor sanitasi, lapangan kerja kaum muda dan pendidikan juga mendapat manfaat dari pendanaan IDB. (T/R07/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.