TURKI KECAM SERANGAN TERHADAP ISLAM

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan ""Turki Kecam Serangan Terhadap Islam" (Foto : World Bulletin)
Presiden Turki, “”Turki Serangan Terhadap Islam” (Foto : World Bulletin)

Ankara, 5 Rabi’ul Akhir 1436/26 Januari 2015 (MINA) – Presiden Turki mengecam serangan terhadap dunia Islam saat kunjungannya di Djibouti.

Komentar Recep Tayyip Erdogan disampaikan pada konferensi pers bersama dengan Presiden Guelleh, Djibouti Ismail Omar, Sabtu.

“Ada permainan serius sedang diputar di dunia Islam dan salah satunya adalah Islamophobia. Selain itu juga konflik peradaban,,” katanya.

Dia memberi sebagai tanda bukti “ratusan hingga ribuan” dari kematian di Irak, Afghanistan Pakistan, Suriah dan Mesir.

“Tidak peduli apa iman teroris, teroris adalah seorang pembunuh,” tambah Erdogan. “Jika ia adalah seorang Muslim ia masih pembunuh, jika Kristen masih pembunuh atau jika dia seorang Yahudi maka dia masih pembunuh”. “akibat, semua itu, orang yang tidak bersalah mati,” katanya.

Sementara itu, Erdogan mengatakan, Turki telah melibatkan Eropa untuk melihat apakah itu bisa mentolerir sebuah negara yang berpenduduk Muslim, mengacu pada upaya anggota Uni Eropa.

“Ada teori bahwa” Uni Eropa agamanya mayoritas Kristen, ‘”kata Erdogan, menambahkan bahwa seharusnya Turki diterima di Uni Eropa, bahwa itu teori .

“Turki adalah di NATO, Turki berada di OECD (Organisasi Kerja Sama Ekonomi operasi dan Pengembangan), Turki adalah anggota dari banyak organisasi,” katanya. “Kenapa kau tidak menerima Turki ke Uni Eropa? Ini berarti ada masalah yang berbeda.”

Erdogan menambahkan, bahwa Turki sekarang negara kuat yang tidak akan “mohon untuk datang ke pintu Anda.” “Jika diterima, maka akan masuk ke Uni Eropa, jika tidak, hal itu akan menarik jalan sendiri,” katanya.

Serangan bom

Mengenai serangan bom pada hari Kamis dekat hotel yang menampung delegasi Turki di Mogadishu, Erdogan mengatakan, ia tidak percaya hal itu menargetkan Turki. “Saya tidak ingin berpikir bahwa itu bisa begitu,” katanya.

Erdogan akan mengunjungi Somalia. Ahad. Kunjungan di Majelis Nasional Djibouti, Erdogan juga berbicara di Majelis Nasional negara itu, mengatakan, Turki akan memberikan beasiswa bagi 3.500 mahasiswa Afrika.

Dia menyatakan saat ini ada 65 mahasiswa dari Djibouti yang belajar di Turki dan ia ingin meningkatkan jumlah mahasiswa sampai 100 .

Dia juga mengomentari situasi kedua negara tersebut, pada dua benua yang berbeda, mengatakan, “Meskipun kedua negara adalah model stabilitas, ketidakstabilan kawasan, konflik dan terorisme mempengaruhi mereka secara langsung”. (T/P002/R11).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0