Turki Kirim 15.000 Ton Bantuan ke Yaman

(Foto: Anadolu Agency)

Sana’a, 6 Syawwal 1438/30 Juni 2017 (MINA) – Bulan Sabit Merah mengumumkan akan mengirim 15.000 ton bantuan kemanusiaan ke Yaman, negeri yang sedang dilanda perang.

Kapal Bantuan Bulan Sabit Merah akan berangkat dari pelabuhan Iskenderun di provinsi Mersin Mediterania pada minggu pertama bulan Juli, dan diperkirakan akan tiba di Yaman setelah enam hari.

Menurutnya bantuan ini mencakup 10.000 ton tepung terigu dan 5.000 ton paket biskuit bayi dan obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit kolera serta kursi roda untuk penyandang cacat. demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan negeri Yaman telah menghadapi wabah penyakit kolera terburuk di dunia dengan lebih dari 13.000 orang meninggal dan diduga kasus ini melebihi 200.000 orang terkena penyakit kolera.

Lebih jauh dikatakan Presiden Bulan Sabit Merah Turki, Kerem Kınık negara-negara Afrika kebanyakan mengalami perang melawan kekeringan, seperti konflik yang menimpa di Yaman.

“Situasi di Yaman sayangnya susah menemukan solusi untuk mengatasi masalahnya sendiri,” kata Kerem, dia menambahkan pihaknya terus berusaha mencegah ketidakberdayaan ini dengan mengirimkan bantuan tersebut.

Bulan Sabit Merah Turki organisasi terbesar di negara itu juga akan mengatur bantuan untuk didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di negara-negara konflik.

“Anggaran bantuan kemanusiaan Turki setiap tahun meningkat dari sekitar 85 dolar juta selama satu dekade yang lalu menjadi 6 dolar miliar,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Yildiz bulan lalu.

“Sejak 2015 Turki menjadi negara pengirim bantuan kemanusiaan di dunia, saat resmi dipertimbangkan sesuai dengan pendapatan nasional,” kata Yildiz. (T/R03/RS3)

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.