Turki Tetapkan Kebakaran Hutan Sebagai Bencana Nasional

Antalya, MINA – Juru Bicara Kepresidenan , Ibrahim Kalin mengatakan, di Turki Selatan pada Rabu (28/7) sebagai bencana nasional.

“Kebakaran hutan adalah bencana nasional. Semua departemen kami menanganinya secara intensif. Kejaksaan sedang mempelajari penyebab kebakaran secara komprehensif. Pekerjaan akan terus berlanjut tanpa lelah,” ujarnya dalam keterangan tertulis di akun twitternya, Jumat (30/7).

Badan Penanggulangan Bencana dan Kondisi Darurat () menyampaikan, kebakaran tersebut mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan 122 luka-luka serta hewan-hewan juga mati akibat kebakaran di Turki.

Selain itu, banyak rumah, tempat kerja, gudang, lahan pertanian, rumah kaca, dan kendaraan rusak parah akibat kebakaran.

Upaya pengendalian 10 titik api terus dilakukan dengan 4.000 personel, tiga pesawat, 38 helikopter, dan 472 mobil tank air.

Secara keseluruhan, sejak dua hari terakhir, telah terjadi 41 kebakaran hutan di 13 provinsi Turki dengan 31 titik di antaranya telah dikendalikan.

Kebakaran hutan di Turki terjadi pada Rabu (28/7) waktu setempat. Angin kencang membuat api semakin membesar dan melahap bebrapa rumah-rumah di Distrik Kalemler. (T/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Sartika

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.