Turkiye Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Pakistan

Turki Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir Pakistan (foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Turkiye mengirim dua pesawat lagi yang membawa pasokan bantuan kemanusiaan untuk para korban banjir di seluruh Pakistan.

“Bantuan negara kami terus menjangkau saudara-saudara kami di Pakistan yang terkena dampak banjir. Dua pesawat Angkatan Bersenjata Turkiye yang membawa bahan bantuan kemanusiaan berangkat dari Bandara Etimesgut Ankara,” kata Kementerian Kementerian Pertahanan Nasional Türkiye, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (30/8).

Dua pesawat Turkiye sebelumnya yang membawa barang bantuan untuk para korban mendarat di Kota Karachi, Ahad (28/8).

Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengumumkan pihaknya membentuk “jembatan udara” untuk menyediakan tenda dan bantuan kemanusiaan ke Pakistan, yang dilanda besar.

“Bahan bantuan kemanusiaan yang terdiri dari 10.000 tenda, 50.000 paket makanan, 50.000 bahan kebersihan dan 10.000 paket makanan bayi dikirim ke daerah banjir pada tahap awal,” kata AFAD dalam pernyataannya.

Banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya itu disebabkan oleh curah hujan tinggi. Air menggenangi separuh negara itu dan menewaskan lebih dari 1.000 orang sejak pertengahan Juni.

Banjir bandang juga menghancurkan sebagian besar infrastruktur dan lahan pertanian di seluruh negeri, termasuk puluhan ribu rumah, jalan, serta jembatan. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.