UIN Ar-Raniry Berikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Palestina

Banda Aceh, MINA– Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh siap menerima calon mahasiswa dari . Mereka akan diberikan beasiswa dan mendapatkan orangtua asuh selama belajar di kampus ini.

“Kita berikan dari lembaga bagi lima orang calon mahasiswa nantinya yang akan kuliah ke UIN. Tetapi nanti jika lebih yang datang, insya Allah banyak yang akan membantu secara pribadi,” kata Rektor Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, MA., Selasa (29/5).

Farid Wajdi menyatakan hal tersebut terkait dengan kedatangan ulama Palestina, Syaikh Dr Ayoub Musa Yusuf dalam safari dakwah di Banda Aceh sejak Ahad lalu yang difasilitasi Aqsha Working Group (AWG) di Jakarta.

Rektor UIN berterima kasih atas kehadiran Syaikh Ayoub di Banda Aceh, dan bersilaturrahmi dengan sejumlah tokoh termasuk dengan akademisi di Ar-Raniry.

Kesempatan yang diberikan UIN Ar-Raniry, menurut Farid Wajdi dapat dimanfaatkan calon mahasiswa dari Palestina. Menurutnya, langkah ini merupakan bagian dari kepedulian kampus bagi generasi Palestina ke depan.

“Kabarkan hal ini kepada calon mahasiswa dari Palestina. Mereka harus kuliah dengan serius, pulang dari Aceh mereka akan menjadi pejuang kemanusiaan di Palestina,” harap Farid Wajdi.

Sebelumnya, Syaikh Ayoub bertemu Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Syamsul Rijal, MA. di kampus tersebut.

Dalam pertemuan itu, Syamsu Rijal mendukung langkah yang ditempuh Syaikh Ayoub dengan membuka peluang kerjasama di bidang pendidikan.

Secara pribadi, Syamsul Rijal menyatakan kesiapannya menjadi orangtua asuh bagi mahasiswa asal Palestina.

“Saya siap jadi orangtua asuh bagi satu mahasiswa. Nanti kesempatan beramal ini diharapkan diikuti oleh dosen lain dan para dermawan di Aceh,” katanya.

Terkait hal tersebut, Syaikh Ayoub Musa Yusuf menyampaikan terima kasih kepada UIN Ar-Raniry yang memberikan kesempatana pelajar Palestina menuntut ilmu di Aceh.

Ia berharap kesempatan itu sebagai awal yang baik dalam kerjasama UIN Ar-Raniry dan lembaga sosial yang digerakkan Syaikh Ayoub bagi misi kemanusiaan di Palestina.

“Alhamdulillah, wa syukurillah. Ini awal yang baik dan kami segera menindaklanjutinya. Kami akan siapkan calon mahasiswa dari Palestina yang berakhlak mulia, shaleh dan siap menjunjung tinggi kearifan lokal di Ar-Raniry,” ujarnya.

Syaikh Ayoub Musa Yusuf, mendedikasikan diri pada lembaga kemanusiaan Al-Khairiyyah Charitable Association For Palestine di Suriah.

Ia juga aktif berdakwah di sejumlah negara dengan tema-tema dakwah pentingnya membela Al-Aqsha, Palestina dan Tema Islam Rahmatan Lil’alamin.

Selama di Indonesia, Syaikh Ayoub difasilitasi Al-Aqsha Working Group (AWG) yang berkhidmat bagi misi kemanusiaan dan kampanye “Al- Aqsha Haqquna (Al-Aqsha Milik Kami Kaum Muslimin)”. (L/R01/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0