Umrah Ramadhan Setara Haji Bersama Nabi

 

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Mi’raj News Agency (MINA), Da’i Pesantren Al-Fatah Bogor

Pada setiap bulan suci Ramadhan, terlebih menjelang akhir-akhir Ramadhan, jutaan jamaah memakmurkan Masjidil Haram dengan ibadah shalat, i’tikaf dan melakukan umrah.

Termasuk ribuan jamaah dari Indonesia. Jamaah sengaja memilih , walaupun dengan biaya agak lebih mahal daripada Umrah reguler di luar Ramadhan. karena  keutamaan Umrah pada bulan Ramadhan, pahalanya seperti haji bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Ini seperti disebutkan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu, karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam lafadz Bukhari yang lain disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

Artinya: Sesungguhnya umrah pada bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku.” (HR Bukhari).

Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan hadits itu adalah orang yang melakukan Umrah Ramadhan mendapatkan pahala seperti pahala haji bersama Nabi.

Namun bukan berarti Umrah Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan atau kemudian menggugurkan kewajiban haji bagi yang mampu. Sehingga jika seseorang punya kewajiban haji, lalu ia berumrah di bulan Ramadhan, maka umrah tersebut tetap tidak bisa menggantikan kewajiban haji tadi.

Maka, bagi yang memiliki kelebihan harta, baik sekali kalau memanfaatkan momen-momen Ramadhan ini dengan berbagai ibadah dan amal kebajikan. Wabil khusus melaksanakan Umrah Ramadhan ke tanah suci Makkah Al-Mukarramah, seolah haji bersama Nabi.

Tentu sekaligus berziarah ke makam Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di kompleks Masjid Nabawi Madinah Al-Munawwarah. Allahu Akbar. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0