UNFC PERTANYAKAN KOMITMEN MILITER MYANMAR TERHADAP PERDAMAIAN

Kendaraan militer parade selama ulang tahun ke-68 dari Hari Angkatan Bersenjata di Naypyidaw
Kendaraan militer parade selama ulang tahun ke-68 dari Hari Angkatan Bersenjata di Naypyidaw
Kendaraan militer parade selama ulang tahun ke-68 dari Hari Angkatan Bersenjata di Naypyidaw. (Potho: Reutres)

Naypyitaw,Myanmar, 29 Dzulhijjah 1435/23 Oktober 2014 (MINA) – UNFC, aliansi kelompok minoritas di Myanmar menyatakan keraguan  atas komitmen militer negara itu terhadap proses perdamaian.

“Kami telah mendesak pemerintah untuk bernegosiasi dengan kami, kelompok-kelompok etnis bersenjata, dengan cara damai, tapi kami belum mendengar apapun tanggapan positif dari pihak mereka,” kata Khu Oo Reh, Sekretaris Umum UNFC, seraya menambahkan “wabah yang sedang berlangsung bisa menghentikan proses perdamaian.”

Berbicara kepada media DVB yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Jumat, ia mengatakan, ia mendengar laporan beragam dari para pemimpin pemerintah yang berkaitan dengan proses perdamaian dan pemilu 2015.”

UNFC mengadakan rapat pleno pertama pada 20-22 Oktober di sebuah lokasi yang dirahasiakan dekat perbatasan Thailand-Myanmar di mana ia membahas isu-isu politik dan militer terkait dengan negosiasi proses perdamaian dan gencatan senjata yang sedang berlangsung, serta hal-hal yang berkaitan dengan bantuan kemanusiaan dan rehabilitasi dari internal pengungsi.

Pernyataan pada akhir pertemuan itu menyatakan keraguan perdamaian akan tercapai mengingat serangan-serangan militer Myanmar yang terus berlanjut terhadap posisi etnis-etnis minoritas  di Kachin, Shan dan Karen sehingga tumbuh  ketidakpercayaan pada Pemerintah Myanmar untuk menciptakan perdamaian.

Namun demikian UNFC mengatakan setuju untuk melanjutkan pembicaraan damai dengan syarat harus diadakan dulu   pembicaraan untuk mencapai gencatan senjata.

Kelompok etnis minoritas ini terdiri dari 12 milisi etnis dan telah duduk bersama dengan delegasi pemerintah dalam beberapa bulan terakhir untuk beberapa putaran perundingan yang bertujuan mengamankan gencatan senjata nasional. Salah satu mitra utama, Persatuan Nasional Karen, pada September ditangguhkan keanggotaannya dari kelompok tersebut.(T/P004/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0