Uni Eropa Bantu 11,75 Juta Euro untuk Warga Palestina

Bethlehem, 15 Rajab 1438/ 12 April 2017 (MINA) – (UE) pada Selasa (11/4) menyatakan akan memberikan bantuan tunjangan sosial untuk 109.000 keluarga tidak mampu Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Penyaluran bantuan dilakukan tiap kuartal melalui (PA).

“Jumlah yang diberikan kepada PA sebesar 11,75 juta Euro sebagian didanai oleh Uni Eropa, pemerintah Austria dan Irlandia,” kata perwakilan dari Uni Eropa Tomas Niklasson dalam siaran pers yang diterima Ma’an News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurut pernyataan itu, sebanyak 71, 500 keluarga Palestina akan mendapat bantuan dana tunjangan sosial.

Dua sepertiga dari mereka mendapatkan bantuan dari program Uni Eropa, yang menyediakan dana untuk warga Palestina yang mengalami kemiskinan yang  sangat. Yaitu keluarga yang tinggal di Jalur Gaza di mana penduduknya sangat menderita dalam dekade terakhir akibat blokade oleh militer Israel yang terus berlangsung.

“Uni Eropa memberikan dukungan kepada Kementerian Pembangunan Sosial PA, dalam rangka melayani keluarga rentan melalui sistem perlindungan sosial yang inklusif dan berkeadilan, melalui kontribusi keuangan dengan  program transfer uang tunai kepada PA untuk keluarga Palestina yang rentan dan perbaikan pelayanan perlindungan sosial,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Uni Eropa telah membantu dan mendukung dalam proporsi yang besar untuk biaya operasional PA. Melalui program reformasi dan pembangunan di kementerian PA juga membantu mempersiapkan Negara Palestina.

Lebih dari 2,14 Miliar Euro telah diberikan kepada PA melalui program dukungan finansial sejak Februari 2008.

Ia menambahkan, melalui kontribusi untuk pembayaran tunjangan sosial, Uni Eropa mendukung Otoritas Palestina dalam memberikan perlindungan sosial bagi mereka  yang membutuhkan,” ujarnya.

“Hal ini sangat penting di Gaza di mana kita hadapi situasi mengkhawatirkan yakni bertambabahnya tingkat kemiskinan,” tambahnya.(T/R10/B05_

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.