Uni Eropa Setujui Sanksi Kepada Cina atas Penindasan terhadap Uighur

Brussels, MINA – Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) setuju untuk menjatuhkan sanksi pada empat pejabat Cina dan satu entitas atas tindakan keras Pemerintah Beijing terhadap minoritas Uighur, kata diplomat Eropa, Rabu (17/3), Nahar Net melaporkan.

Langkah-langkah itu, yang akan dikonfirmasi oleh para menteri luar negeri pada pertemuan Senin (15/3), merupakan bagian dari paket sanksi hak asasi manusia, yang juga akan membuat individu-individu di Rusia, Korea Utara, Eritrea, Sudan Selatan dan Libya menjadi sasaran, kata para diplomat.

Pada pertengahan Januari lalu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan, China melakukan genosida dan kejahatan kemanusiaan terkait perlakuannya terhadap Muslim Uighur serta etnis minoritas di daerah otonomi Xinjiang.

Ia mengatakan, AS telah mendokumentasikan tindakan-tindakan China di Xinjiang sejak Maret 2017, termasuk pemenjaraan sewenang-wenang, perampasan kebebasan fisik, penyiksaan, kerja paksa dan pembatasan kebebasan beragama. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)