Untuk Kesembilan Kali, Lebanon Gagal Pilih Presiden

Parlemen Lebanon. (Gambar: Hungary Posts English)

Beirut, MINA – Parlemen Lebanon yang terpecah gagal memilih presiden baru pada Kamis (8/12) untuk kesembilan kalinya, meskipun kebuntuan politik merusak upaya untuk menyelamatkan ekonomi negara yang bangkrut.

Legislator akan bertemu lagi Kamis depan untuk mencoba bersaing kembali, sesuai dengan pernyataan di Nation News Agency (NNA).

Parlemen terpecah antara pendukung gerakan Hizbullah yang mendukung Iran dan lawan-lawannya, tak satu pun dari mereka memiliki mayoritas yang jelas.

“Mengadakan sesi setiap pekan tidak akan mengubah apa pun,” kata Anggota Parlemen Alain Aoun, dari Gerakan Patriotik Merdeka (FPM) pimpinan mantan presiden Michel Aoun.

Lawan Hizbullah Michel Moawad, yang dipandang dekat dengan Amerika Serikat, memenangkan dukungan dari 39 anggota parlemen, tetapi jauh dari mayoritas yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Hanya 105 dari 128 anggota parlemen yang muncul untuk mengumpulkan suara dan banyak dari mereka merusak surat suaranya.

Sementara itu, pemerintah sementara negara itu memiliki kekuasaan yang terbatas. Itu tidak dapat melaksanakan reformasi besar-besaran yang diminta oleh pemberi pinjaman internasional untuk mencairkan pinjaman dana miliaran dolar dana talangan.

Parlemen akan mengadakan upaya ke-10 untuk memilih presiden pada 15 Desember. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.