Update COVID-19 Sudan: Positif 533 Orang, Sembuh 46

Khartoum.MINA-  Kementerian Kesehatan Sudan mengumumkan pertambahan 91 orang  yang dinyatakan  Positif COVID-19 pada Sabtu (2/5) sehingga keseluruhan 533 orang yang dinyatakan Positif COVID-19 di 14 Provinsi di Seluruh Sudan.

Sementara itu, korban yang meninggal sebanyak 36 orang,  sembuh 46 orang,. Pengumuman tersebut disampaikan melalui Press Reales Data Center Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan Sudan di Ibu Kota Khartoum.

Penyebaran Covid-19 di seluruh Sudan sampai saat ini mencapai 14  provinsi, dengan terbanyak di Khartoum dan Gezira.

Khartoum  tercatat penambahan kasus baru positif sebanyak 71 Orang, dari jumlah keseluruhan 474 orang,  sedangkan Provinsi Gezira yang berjarak 180 km dari Khartoum dilaporkan sebanyak 24 orang

Provinsi lainnya yang telah lebih dulu terpapar di antaranya, Sinnar (8). Kordofan Utara (8), River Nile (5), Qadarif (5), sedangkan, Provinsi  White Nile (1 ), Laut  Merah (1 ), Darfur Selatan (1), Darfur Tengah (1), Darfur Timur (1), Darfur Barat (2), Darfur Utara (1) dan Syimaliyah Sudan (Donggola) (1)

Hingga saat ini tersisa 4 provinsi yang belum terjangkiti. “Ini sangat mengkhawatirkan,” ujar Menteri Kesehatan Republik Sudan, Akram Ali Toum.

Sebelumnya Ali Toum mengungkapkan persediaan obat penanganan Covid-19 yang dimiliki pemerintah di Ibu kota Khartoum dan di Provinsi  lainnya semakin menipis, bahkan ada beberapa obat-obatan esensial telah habis.

Pemerintah Sudan telah mengeluarkan keputusan menerapkan lockdown total di seluruh Khartoum, sejak Sabtu (18/4) selama tiga pekan.

Sebagian wilayah lainnya seperti Gezira dan Sinnar sudah menerapkan pembatasan pergerakan.

Di Khartoum diberlakukan waktu jeda 7 jam untuk warga membeli kebutuhan pokok harian, dari pukul 06:00 pagi hingga 13:00 siang setiap harinya. (L/B02/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)