Update Gempa Maroko: Lebih dari 800 Orang Tewas

Sejumlah gambar video korban gempa 6,8 skala Richter di Maroko, Jumat, 8 September 2023. (Gambar: dok. Samaa TV)

Rabat, MINA – Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter melanda , menewaskan sedikitnya 820 orang dan melukai ratusan lainnya.

Dikutip dari Press TV, gempa terjadi di 44 mil (71 kilometer) barat daya Marrakesh pada kedalaman 18,5 kilometer pada pukul 23:11 (2211 GMT) hari Jumat (8/9), kata Survei Geologi AS. Pusat gempa berada di daerah terpencil di Pegunungan Atlas Tinggi.

Gempa tersebut menewaskan banyak orang di provinsi dan kotamadya al-Haouz, Marrakesh, Ouarzazate, Azilal, Chichaoua dan Taroudant, kata Kementerian Dalam Negeri Maroko dalam sebuah pernyataan.

Kementerian lebih lanjut mencatat bahwa pihak berwenang telah “memobilisasi semua sumber daya yang diperlukan untuk melakukan intervensi dan membantu daerah yang terkena dampak”.

Gempa tersebut dilaporkan menyebabkan kepanikan yang meluas dan merusak bangunan di seluruh kota.

Penduduk Marrakesh yang ketakutan melaporkan jeritan yang “tak tertahankan” setelah gempa terjadi, dan rumah sakit di kota tersebut dilaporkan menerima orang-orang yang terluka dalam jumlah yang besar.

Guncangan juga dilaporkan terasa di ibu kota Rabat, serta kota pesisir Casablanca dan Essaouira.

Gempa tersebut juga dirasakan di negara tetangga Aljazair, dimana Pertahanan Sipil Aljazair mengatakan gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.