Ustadz Afta : Kantor Berita MINA Aktif Beritakan Perjuangan Palestina dan Al-Aqsa

Tebo, Jambi, MINA – Redaktur Senior Kantor Berita MINA, biasa disapa Ustadz Afta mengatakan, MINA merupakan kantor berita umum yang berlandaskan Islam dan aktif dalam memberitakan perjuangan Palestina dan Masjid Al-Aqsa.

“Kantor Berita MINA terbit secara online dalam tiga bahasa, Indonesia, Arab, Inggris, yang juga aktif memperjuangkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin,” ujar Ustadz Afta, pada sesi materi Perkenalan MINA dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar Syubban dan Fatayat (pemuda dan pemudi) Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jambi, di Masjid Kompleks Ponpes Al-Fatah Desa Perintis, Kec. Rimbo Bujang, Kab. Tebo, Provinsi Jambi, Jum’at (9/9).

“Situasi di kawasan Masjid Al-Aqsa dan perjuangan terkini Palestina menjadi isu utama MINA, diperkuat dengan adanya Koresponden MINA di Palestina. Termasuk MINA juga mengangkat tokoh-tokoh Muslim di berbagai bidang, santri-santri berprestasi, serta kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keumatan dan perkembangan terkini isu-isu nasional dan internasional,” ujar Ustadz Afta, yang juga Duta Al-Quds, bersertifikat dari Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauliyah Yaman.

“Kantor Berita MINA juga menyajikan informasi seputar masalah internasional, politik, ekonomi, keuangan dan perbankan, pariwisata, industri dan sektor riil,” lanjut wartawan bersertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tersebut.

“Pengembangan MINA yang bekerja sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan patuh pada ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia terus berjalan melalui kegiatan training jurnalistik di berbagai instansi, sekolah, organisasi, serta pembinaan koresponden dan wartawan muda ke daerah-daerah, kemudian juga menjadi event organizer di berbagai kegiatan,” jelasnya.

MINA menjalin kerja sama pemberitaan dengan beberapa perusahaan nasional dan multinasional, lembaga-lembaga negara, ormas, dan organisasi keislaman. “Jadi, di daerah-daerah MINA juga dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk mengadakan training jurnalistik serupa, misalnya di pesantren-pesantren, sekolah-seklah, kampus-kampus,” lanjutnya.

Ustadz Afta, yang juga penulis buku kepalestinaan berharap agar calon-calon koresponden dan penulis-penulis muda MINA memiliki daya baca yang tinggi, mental yang tangguh, senang menjalin silaturahmi, komunikasi yang baik, dan terus melatih kemampuan menulis.

Kantor Berita MINA didirikan oleh tiga lembaga, yaitu Jaringan Pesantren Al-Fatah Indonesia, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Radio Silaturahim (RASIL), dan diluncurkan secara resmi (grand launching) oleh Ketua DPR-RI Marzuki Alie dan Pemimpin Umum MINA, Muhyiddin Hamidy di Masjid Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa, 18 Desember 2012.

Pengunjung Kantor Berita MINA berasal dari berbagai kalangan seperti para pejabat, diplomat, politisi, aktivis, pelaku ekonomi, ormas, ulama dan lainnya.

Pengunjung Kantor Berita MINA berasal dari berbagai negara di dunia, dan menjadi referensi bacaan bagi para diplomat dan Duta Besar negara-negara sahabat.

Pelatihan Jurnalistik Syubban dan Fatayat di Jambi dilaksanakan selama dua hari, Jum’at dan Sabtu, 9-10 September 2022. Lima wartawan MINA menjadi pemateri: Widi Kusnadi (Sekertaris Redaksi), Ali Farkhan Tsani (Redaktur Senior), Nurhadis (Kepala Biro MINA Sumatera), dan dua Wartawan MINA Biro Sumatera, Habib Hizbullah dan Iwan Abdurrahman.

Materi pelatihan yang diajarkan meliputi : Pengantar Ilmu Jurnalistik, Pengenalan Kantor Berita MINA, Kode Etik Jurnalistik, Teknik Penulisan Artikel, Teknik Dasar Wawancara, Teknik Dasar Penulisan Berita, Teknik Dasar Foto Jurnalistik, dan Teknik Dasar Video Jurnalistik.

Kepala Biro Sumatera, Kantor Berita MINA, Nurhadis dalam sambutannya menekankan target diklat ini adalah tersedianya kader-kader wartawan dan penulis Muda MINA yang siap berjuang di bidang media, utamanya di Provinsi Jambi yang merupakan bagian wilayah kerja MINA Biro Sumatera. (L/Iwn/B03/P1).

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.